Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

BERITABANDUNG.id – Jumlah pegawai tenaga kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang terinfeksi virus Corona (Covid-19) mengalami peningkatan dibandingkan dengan Mei lalu.

Tercatat 171 pegawai kesehatan di RSHS Bandung poditif Covid-19.

Berdasarkan data, ada 212 pegawai terdiri dari 171 tenaga kesehatan dan 41 non tenaga kesehatan.

“Di bulan Mei kemarin kita 61 orang sementara sampai tanggal 20 Juni ini 212. Adapun nakesnya adalah 171 orang dan yang non nakesnya itu 41 orang,” kata Plh. Direktur Pelayanan Medik, Perawatan, Penunjang RS Hasan Sadikin Bandung Yana Akhmad Supriatna melalui keterangannya, Senin (21/6).

Yana menambahkan, 12 orang pegawai yang terinfeksi merupakan pasien bergejala dan mendapat perawatan sedangkan sisanya merupakan pasien tanpa gejala atau gejala ringan. Pasien bergejala ringan menjalani isolasi di rumahnya masing-masing.

Namun, diakui Yana, terjadinya lonjakan kasus hingga keterisian tempat tidur di rumah sakit yang diketahui sudah melebihi ambang batas WHO membuat adanya semacam beban psikologis bagi para tenaga kesehatan.

“Dengan bertambahnya kasus Covid apalagi ada teman-teman di antara nakes sendiri yang terkena kasus Covid, tentu ini memberikan aspek psikologis,” ujar dia.

Sebagai tindak lanjut, menurut Yana, pihak rumah sakit sudah merekrut bantuan tenaga kesehatan sebanyak 25 orang. Selain itu, pihaknya juga sudah mengajukan permohonan bantuan tenaga kesehatan ke Pemprov Jabar dan Kementerian Kesehatan.

Diharapkan, bantuan tenaga kesehatan dapat segera diterima dalam waktu dekat ini.

“Kami dalam waktu singkat merekrut 25 bantuan tenaga perawat yang kami rekrut sendiri dan sedang diproses ke Pemda maupun Kementerian Kesehatan,” pungkas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here