Zona - BeritaBandung.id
Zona - BeritaBandung.id

BERITABANDUNG.id – Rekayasa lalu lintas diberlakukan di jalur Simpang Cileunyi, Kabupaten Bandung lantaran masih ada proses pembangunan di kawasan tersebut.

Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa mengatakan rekayasa lalu lintas ini dilakukan karena di jalur lama Cileunyi akan ada pembangunan fly over. Nantinya fly over tersebut untuk akses menuju Tol Cisumdawu.

“Dalam rangka melanjutkan Tol Cisumdawu, ke arah Cibiru dan Jatinangor Sumedang bisa gunakan flyover. Kendaraan dari arah Garut menuju Cibiru tidak lagi diputar di Cileunyi lama tapi lurus menggunakan fly over,” kata Erik, Minggu (23/5/2021).

Berdasarkan rekayasa lalu lintas yang dilakukan kendaraan dari arah Garut menuju Bandung dan memiliki tujuan ke Cibiru, Kota Bandung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang bisa lurus langsung ke arah Pasar Cileunyi.

Setelah melintasi Pasar Cileunyi kendaraan yang mengarah ke Cibiru belok kiri dan kendaraan yang mengarah ke Jatinangor belok kanan.

Masih untuk kendaraan dari arah Garut-Bandung yang memiliki tujuan ke Tol Padaleunyi, belok kiri sebelum Simpang Cileunyi atau masih menggunakan jalur lama.

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan, karena ruas jalan yang sebelumnya digunakan untuk berputar arah menuju Cibiru dan Jatinangor sudah dalam tahap pembangunan untuk Tol Cisumdawu.

Erik menyebut, rekayasa lalu lintas ini sudah dilakukan selama dua hari. Nantinya jalur lama yang biasa digunakan pengendara akan dilakukan pembangunan.

“Untuk tiang panjang, nanti dari arah Garut ke Tol Cileunyi tujuan Jakarta nanik juga ke fly over, pembangunan baru mulai,” jelasnya.

Sementara itu, bagi kendaraan yang keluar dari Exit Tol Cileunyi bisa menggunakan Simpang Susun Cileunyi, bagi yang memiliki tujuan ke Cibiru dan Jatinangor belok kiri dan memiliki tujuan ke Garut-Tasikmalaya belok kanan masuk ke Terowongan Simpang Susun Cileunyi.

Sedangkan untuk kendaraan dari arah Sumedang yang memiliki tujuan ke Cibiru tinggal belok kanan di Simpang Susun Cileunyi dan yang memiliki tujuan ke Garut-Tasikmalaya tinggal belok kiri.

Selain itu, bagi kendaraan yang datang dari Sumedang dan memiliki tujuan ke Interchange Tol Cileunyi berputar arah di ruas jalan Bandung-Garut ke ruas Jalan Garut-Bandung arah Cileunyi.

“Jalur lainnya masih sama, pembangunan fly over dari arah Garut menuju pintu tol ditargetkan rampung Bulan Agustus,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here