Sunday, October 17, 2021
Home Wisata #BandungWisata : Pilihan Rekreasi Kota Bandung di Taman Hutan Raya Djuanda

#BandungWisata : Pilihan Rekreasi Kota Bandung di Taman Hutan Raya Djuanda

BERITABANDUNG.id – Taman Hutan Raya Djuanda (Tahura Djuanda) terletak tak jauh dari pusat Bandung, Jawa Barat. Letak geografis membuat hutan raya yang dijadikan kawasan konservasi alam itu tepat sebagai pilihan melepas penat #DiIndonesiaAja di tengah pandemi Covid-19.

Tahura Djuanda memiliki beberapa gerbang masuk, akses termudah adalah lewat Dago Pakar. Pengunjung bisa berolahraga atau sekadar berjalan-jalan di antara pepohonan yang membuat hawa jadi sejuk di hutan seluas 526 hektare ini.

Di dalam Tahura Djuanda, ada sejumlah lokasi wisata yang menarik. Antara lain, Batu Batik di bibir Sungai Cikapundung dan tempat penangkaran rusa di mana pengunjung bisa memberi makan langsung rusa-rusa berjenis Cervus timorensis. Hewan-hewan itu hidup di kawasan seluas dua hektare.

Humas Balai Tahura Djuanda Ganjar mengungkapkan, Batu Batik merupakan sebuah fenomena geologi yang terbentuk akibat aliran lava Gunung Tangkuban Perahu sejak ribuan tahun lalu, hingga memberi motif alam yang cantik.

“Kalau masyarakat sini (lokal), lebih populernya nama Selendang Dayang Sumbi,” ujar Ganjar.

Tak hanya wisata alam, Tahura Djuanda juga memiliki tempat kuliner. Pengunjung bisa menikmati santapan sedap khas Jawa Barat seperti nasi pais di antara pepohonan yang menjulang tinggi dan suara-suara alam.

Taman Hutan Raya Djuanda banyak dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan, penelitian, dan pendidikan. Beberapa destinasi wisata lain melengkapi Tahura Djuanda, misalnya Curug Dago, Curug Omas, sampai Goa Belanda, Goa Jepang, dan Tebing Keraton. Di sini juga ada area outbond, area bermain anak, serta pemandian air panas.

Akibat pandemi, Tahura Djuanda baru dibuka kembali pada Juni lalu. Saat ini, mereka mematok harga tiket Rp11.000 untuk pengunjung domestik, dan Rp76.000 untuk wisatawan luar negeri. Pengunjung diingatkan untuk turut menjaga kelestarian alam #DiIndonesiaAja dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak kawasan konservasi, serta tetap berdisiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Waspada! 19 Kecamatan di Bandung Kategori Daerah Rawan Gempa Tingkat Tinggi

BERITABANDUNG.id - Sebanyak 19 dari 30 kecamatan di Kota Bandung masuk kategori daerah rawan bencana gempa bumi tingkat tinggi. Status ini didasarkan pada posisi...

Mang Oded Ajak Warga Kota Bandung Dukung Pertanian Terpadu

BERITABANDUNG.id - Pemkot Bandung terus berupaya menjaga, mengkreasi dan menginovasi pertanian perkotaan atau urban farming dalam rangka penguatan ketahanan pangan. Terbaru Pemkot Bandung mengenalkan program...

Kaum Transgender di Bandung Bisa Miliki KTP-El, Berikut Syaratnya

BERITABANDUNG.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung mempersilahkan bagi transgender yang ingin memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) untuk segera mendaftarkan...

Kemenparekraf Yakin UMKM pada Generasi Saat ini Mampu Penuhi Kebutuhan Pasar Internasional

BERITABANDUNG.id - Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UKM di Indonesia, terutama dalam beradaptasi dan menghadapi tantangan baru saat krisis pandemi berlalu. Dengan semangat...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!