BERITABANDUNG.id – Ngobras, Ngobrol Bareng Anak Eksyar merupakan acara sharing dari beberapa praktisi wirausaha kepada umum, khususnya mahasiswa. Acara yang diinisiasi oleh 4 Orang Mahasiswa Ekonomi Syariah Semester 5 Universitas Muhammadiyah Bandung. Diantaranya Asep Abdul Azis, Teti Cahyati, Sutriyono dan Fitrianti Alia.

Acara yang digelar secara Virtual ini digelar pada Rabu, 2 Juni 2021 dan dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta yang merupakan Mahasiswa, Dosen, Alumni Universitas Muhammadiyah bahkan Umum.

Yudistia Teguh A Fikri S.E.Sy.,ME Kepala Prodi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Bandung memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas diselenggarakannya acara tersebut.

“Kedepannya diharapkan setelah acara ini digelar, bisa terbentuk sebuah komunitas wirausaha di lingkungan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung sehingga hasil dari sharing season ini juga mampu memberikan motivasi kepada mereka agar bisa berwirausaha” Tegasnya dalam sambutan acara Ngobras.

Selanjutnya kegiatan dimulai dengan sharing seasson dari Teti Cahyati yang merupakan pemilik ATAYA dan Tsa04 by Ataya. Dimana dirinya mendiskripikan perjalannya karirnya hingga memiliki usaha konveksi serta brand baju muslim ini.

“Langkah pertama dalam membangun usaha yang menurut saya ideal adalah langsung mendaftarkan nama usaha / brand kita dengan HAKI. Karena ketika HAKI sudah di daftarkan maka kedepannya kita akan mudah untuk mengurus perizinan lainnya karena nama brand kita sudah terdaftar dan aman” Tambahnya.

Kemudian selanjutnya sharing season dari Sutriyono Tris yang merupakan pelaku usaha Makanan ringan brand Rojak Bangkok dan bisnis fashion dengan nama Kaostume. Sutriyono Tris yang sempat bekerja di salah satu Bank ini memberikan motivasi terkait pilihan hidup agar selalu yakin serta bersemangat menjadi seorang wirausaha.

“Saya memulai bisnis dengan menjadikan diri saya sendiri sebaga Brand Ambasador, dimana ketika saya dulu bekerja dan mempunyai kesempatan hingga Keluar Kota Negeri dan bertemu serta berjejaring dengan orang-orang, saya selalu mengunakan produk saya sendiri sehingga ketika banyak orang yang menanyakan dan tertarik membeli. Cara ini sama saja sebagai cara promosi yang terselubung tapi mudah dan murah” Tegasnya.

Selanjutnya sharing season terakhir pun dari Fitriani Alia, Seorang Ibu Rumah tangga yang saat ini aktif sebagai pengurus Koperasi WJS (Wirausaha Jabar Sejahtera) dan memiliki usaha makanan kemasan dengan nama brand Nupite. Salah satu produk unggulan dari Nupite sendiri adalah Peuyeum Crispy.

“Inovasi dalam membuat produk bisa menjadi pilihan dalam membuka usaha, seperti contoh inovasi saya adalah membuat peuyem crispy. Dimana saya berfikir tentang bagaimana caranya Peuyeum yang awalnya basah dan bentuknya besar itu bisa secara awet dan mudah dibawa kemana-mana. Sehingga saya berinisiatif menbuat inovasi Peuyeum Crispy” Tuturnya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here