Catat! Info Kontak Jadi Pendonor Plasma Konvalesen Pasien Covid-19 Kota Bandung

0
11
Catat! Info Kontak Jadi Pendonor Plasma Konvalesen Pasien Covid-19 Kota Bandung
Catat! Info Kontak Jadi Pendonor Plasma Konvalesen Pasien Covid-19 Kota Bandung

BERITABANDUNG.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengajak para penyintas untuk mendonorkan plasma konvalesen. Pasalnya, plasma konvalesen bisa menjadi salah satu pengobatan bagi pasien Covid-19 yang bergejala.

Terlebih permintaan plasma konvalesen melalui PMI Kota Bandung terus meningkat. namun dengan jumlah pendonor yang masih sedikit dikarenakan ketidaktahuan masyarakat atau kemauan untuk menjadi pendonor.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Bandung, Yorisa Sativa menyampaikan, Dinkes terus menggencarkan promosi melalui Fasilitas Kesehatan (Faskes) agar para penyintas covid-19 bisa mendonorkan plasma konvalesen.

Menurut Yorisa, Dinkes Kota Bandung akan terus memperbaiki sistem komunikasi dan informasi terkait donor plasma konvalesen. Sehingga masyarakat tahu pentingnya plasma konvalesen bagi para pasien Covid-19.

“Sampai sekarang penelitian plasma konvalesen terus berjalan dan berkembang. Bahwa plasma darah yang disumbangkan atau didonorkan dari penyintas mengandung antibodi yang dapat menetraslisir pasien dari virus covid-19,” ucapnya, dikutip dari laman resmi humas kota Bandung, kamis, (8/7)

“Ini yang sangat dibutuhkan oleh para pasien yang bergejala dengan keluhan sesak dan gangguan pernafasan. Berdasarkan penelitian itu plasma yang didonorkan dapat mengurangi gejala klinis tersebut,” lanjutnya.

Yorisa mengungkapkan, terapi plasma konvalesen yang dinilai memberikan efektivitas terhadap pasien covid-19 ini, perlu diantisipasi seiring meningkatnya permintaan.

Sementara itu Ketua PMI Kota Bandung, Ade Kusjanto beberapa waktu lalu mengatakan, pendonor plasma konvalesen masih minim di Kota Bandung, sehingga berdampak pada sulitnya PMI Kota Bandung memenuhi permintaan plasma konvalesen dari masyarakat.

‎”Ketersediaan darah kita dibandingkan dengan yang membutuhkan masih jauh, kita terus berusaha karena kita hanya sampai kepada tingkat mengimbau untuk bisa mendonorkan plasmanya, untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan,” katanya.

Berikut daftar kontak untuk rekrutmen atau menjadi  pendonor plasma konvalesen:

•Aplikasi Pertemuan antara Para Penyintas Covid-19 yang mau Berdonor Plasma Konvalesen dengan Pencari Plasma Konvalesen
https://aksidonorplasma.com/

• Komunitas plasma konvalesen
+62 813-3466-1164
+62 858-8819-3652
+62 811-3668-580

Komunitas donor siaga darah biasa dan konvalesen sesuai golongan darah

– Group Pendonor Darah BANDUNG Golongan darah A
https://chat.whatsapp.com/LcDYFVXdyWhLRLGNl6g07D

– Group Pendonor Darah BANDUNG Golongan darah B
https://chat.whatsapp.com/KUKj1WyT2b43ZfOEV6Wa9f

– Group Pendonor Darah BANDUNG Golongan darah AB
https://chat.whatsapp.com/LtB9DkMhbchA51GpwMXRNd

– Group Pendonor Darah BANDUNG Golongan darah O
https://chat.whatsapp.com/JIv0rlp8CbR7uK3v02MkFv

– Daniel Salim, no kontak 0882-1801-4275, Koordinator Donor Darah Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here