Tuesday, August 3, 2021
Home Headline Didampingi Kepala BNPB, Ridwan Kamil Tinjau Lokasi Longsor Cimanggung, Pemkab Sumedang Diminta...

Didampingi Kepala BNPB, Ridwan Kamil Tinjau Lokasi Longsor Cimanggung, Pemkab Sumedang Diminta Tindak Tegas Pelanggaran

BERITABANDUNG.id – Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meninjau lokasi bencana tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Ahad (10/1).

Peninjauan tersebut bertujuan untuk melihat kondisi lokasi bencana dan memastikan keselamatan petugas dalam mengevakuasi korban bencana tanah longsor serta pemetaan pergerakan tanah guna mengantisipasi bencana longsor susulan. Sebanyak 11 warga di Desa Cihanjuang, Sumedang, Jawa Barat, tewas dalam bencana tanah longsor yang terjadi pada Sabtu malam, 9 Januari 2021.

Danramil Kecamatan Cimanggung Kapt Inf Setio Pribadi dan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang turut menjadi korban.

Sementara itu terkait korban yang terdampak longsor tersebut, Ridwan Kamil mengatakan pihaknya beserta jajaran terkait akan mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

“Warga yang terdampak akan segera dipindahkan ke permukiman baru yang lebih aman. Program permukiman baru dibantu pemerintah pusat melalui BNPB sesuai arahan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo,” katanya.

Terakhir, Ridwan Kamil mengingatkan kepada masyarakat agar di musim penghujan ini bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan longsor.

“Mari warga Jawa Barat, kita terus waspada di bulan-bulan musim penghujan ini yang sering berpotensi membawa bencana banjir dan longsor. Semoga Allah SWT selalu melindungi hidup kita semua. Aamiin,” tuturnya.

Sementara dilaporkan Antara, Kementerian Sosial mengerahkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu mengevakuasi korban tebing longsor di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Menurut siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Minggu, Tagana dan unsur Kampung Siaga Bencana (KSB) dikerahkan untuk mendata korban serta mengevakuasi korban ke tempat aman, khususnya korban yang tergolong rentan seperti warga lanjut usia, anak-anak, dan penyandang disabilitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Sebanyak 18 Daerah di Jabar Terapkan PPKM Level 4

BERITABANDUNG.id - Presiden Joko Widodo resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di sejumlah daerah guna menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19). PPKM...

Warga Sepakat Patuhi Prokes, Kasus Positif di Sekejati Turun

BERITABANDUNG.id - Turunnya angka kasus Covid-19 di RW 06 Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu berkat upaya seluruh pihak. Termasuk juga hasil upaya warga yang taat...

Presiden Jokowi: PPKM Level 4 Diperpanjang Sepekan, sampai 9 Agustus

BERITABANDUNG.id - Presiden Jokowi menegaskan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Melalui tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021), Jokowi melansir...

Sektor Kesehatan Membaik, Ema Berharap Kota Bandung Sudah Lewati Puncak Kasus Covid-19

BERITABANDUNG.id - Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna berharap, kasus Covid-19 di Kota Bandung sudah melewati puncaknya. Sehingga relaksasi...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!