BERITABANDUNG.id – Watchdoc Documentary mempertimbangkan menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan dugaan peratasan terhadap akun Instagram milik organisasi tesebut, @watchdoc_ID. 

Akun Instagram Watchdoc dibajak seusai film dokumenter karya mereka, the EndGame: Ronde Terakhir Melawan Korupsi, tayang perdana pada Sabtu (5/6) akhir pekan lalu.

Film itu memuat tentang kesaksian pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi tentang kejanggalan Tes Wawasan Kebangsaan.

“Sedang kami bicarakan (upaya hukum). Apakah ada gunanya atau tidak,” kata Pendiri Watchdoc Dokumentary, Dandhy Dwi Laksono saat dihubungi Suara.com, Senin (7/6/2021).

Dandhy pesimistis laporan mereka atas kasus itu akan ditindaklanjutkan oleh aparat kepolisian.

Pesimisme Dandhy bukan tanpa alasan, kalau merujuk kasus dugaan peretasan akun milik aktivis sebelumnya yang tak pernah ada tindaklanjut dari polisi.

“Mengingat kasus-kasus peretasan sebelumnya yang lebih besar seperti kasus Ravio Patra tidak terdengar ada tindak lanjutnya dan diungkap siapa sebenarnya pelaku atau dalangnya,” jelas Dandhy.

Hingga Senin malam, akun Instagram milik Watchdoc belum dapat diakses. Watchdoc Documentary sedang mengupayakan agar akun itu dapat digunakan kembali.

“Belum (bisa diakses). Sedang diusahakan,” kata Dandhy.

Dia mengatakan, Watchdoc akan meningkatkan keamanan akun media sosial sehingga peretasan tak terulang.

“Kami dibantu banyak kawan dan lembaga meningkatkan keamanan digital Watchdoc,” ujarnya.

Seperti pemberitaan sebelumnya, akun Instagram Watchdoc Documentary dibajak pada Minggu (6/6) pagi,  setelah merilis informasi seputar penayangan film the EndGame.

Film tersebut memang telah dinantikan banyak pihak karena dinilai membongkar kebobrokan Komisi Pemberantasan Korupsi era kepemimpinan Firli Bahuri.

Informasi mengenai peretasan ini disampaikan oleh pegiat media sosial Mazzini. Ia menyampaikan akun Instagram @watchdoc_ID dibajak dan berharap dapat segera kembali.

“Akun Instagram @watchdoc_ID diretas, semoga cepet balik lagi,” tulisnya di Twitter, Minggu.

Dalam unggahannya, Mazzini membagikan dua foto tangkapan layar. Pertama adalah tangkapan layar akun YouTube Watchdoc Documentary yang menayangkan trailer film the EndGame.

Foto kedua memperlihatkan tangkapan layar akun Instagram Watchdoc yang sudah dibajak. Terlihat nama akun telah berubah menjadi @watchwatchwatchhehe setelah dibajak.

Sebelumnya hal yang sama juga dialami sejumlah peneliti Indonesia Corupption Watch (ICW). Sejumlah akun sosial media mereka seperti WhatsApp, Telegram dan email diduga mengalami peretasan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Peretasan terjadi usai ICW menggelar diskusi terkait polemik penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here