Thursday, August 5, 2021
Home Metro Bandung Kapasitas Ruang Perawatan di Faskes Kota Bandung Menurun

Kapasitas Ruang Perawatan di Faskes Kota Bandung Menurun

BERITABANDUNG.id – ruang perawatan di fasilitas kesehatan di Kota Bandung masih menyisakan cukup ruang. Bahkan kini angka penggunaan tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) di Kota Bandung mengalami penurunan.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna menuturkan, keterisian tempat tidur kini berada di 89,88 persen. Padahal sebelumnya selalu di atas 90 persen.

Saat ini yang terpakai sebanyak 1.199 tempat tidur dari 1.334 tempat tidur yang ada. “Artinya masih tersedia 135 tempat tidur” ucap Ema di Balai Kota Bandung, 19 (Januari 2021).

Meski begitu, Ema memastikan bahwa Satgas Percepatanan Penanganan Covid-19 Kota Bandung tetap ekstra waspada memerhatikan ketersediaan tempat tidur di fasilitas kesehatan ini. Sebab kendati mengalami penurunan, tetap masih di atas standar dari WHO yang menyatakan batas aman keterisian tempat tidur di bawah 60 persen.

Kewaspadaan kita harus sangat hati-hati. Jangan sampai over kapasitas dan terjadi kepanikan,” tegasnya.

Selain adanya tambahan bantuan dari Secapa AD sebagai rumah sakit darurat, Ema mengungkapkan, di tingkat kecamatan sudah tersedia fasilitas untuk isolasi mandiri.

“Secapa juga itu merupakan bagian dari Bandung Raya. Sekarang kita terus menggalakan rumah isolasi di kecamatan. Sudah banyak melaporkan di masing-masing kecamatan. Ada yang satu dan lebih dari satu,” ujarnya.

Ema sangat bersyukur sejauh ini pelayanan kesehatan di Kota Bandung masih berjalan dengan baik. Walaupun pada kenyataannya juga turut menerima sejumlah pasien dari luar Kota Bandung.

“Alhamdulillah responsif pelayanan dari sumber daya manusia kesehatan masih sangat bagus,” katanya. (Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dukung Ridwansyah Yusuf, Damas Luncurkan Lagu Nonoman Digjaya

BERITABANDUNG.id - Aktivis dan seniman kampus yang tergabung dalam Daya Mahasiswa Sunda (Damas) mendeklarasikan dukungan kepada Ridwansyah Yusuf Achmad untuk menjadi ketua Komite Nasional...

Persib Bandung Galang Donasi Amal Untuk Terdampak Covid-19 Lewat Cara Modern, Kini Sudah Tembus Rp1,5 Miliar

BERITABANDUNG.id - Maung Bandung menggalang dana untuk mengurangi dampak Covid-19 di masyarakat melalui platform online. Persib Bandung turut bersimpati dengan situasi ekonomi dan sosial yang...

Ekonomi Terpuruk, Mang Oded Berharap PPKM tak Diperpanjang

BERITABANDUNG.id - Wali Kota Bandung, Oded M Danial berharap pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang berakhir pada 9 Agustus 2021 nanti tidak...

Istri Ketua AKAR Kaget Suaminya Lakukan Aksi Bunuh Diri di Balaikota Bandung

BERITABANDUNG.id - Ketua Harian Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) Gan Bonddilie atau GB melakukan aksi percobaan bunuh diri di pintu masuk Balai Kota Bandung...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!