Thursday, January 20, 2022
Ads
Home Ekbis Kelompok UMKM usAHA Borong Dagangan Pedagang Kaki Lima Padalarang

Kelompok UMKM usAHA Borong Dagangan Pedagang Kaki Lima Padalarang

BERITABANDUNG.id – Kelompok UMKM usAHA kembali melakukan gerakan memborong dagangan pedagang kaki lima (PKL). Kali ini, kelompok binaan Airlangga Hartarto ini menyasar Kampung KPAD Sejahtera, RT 1 RW 21, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (15/12).

Kegiatan ini disambut antusias masyarakat setempat. Pasalnya, dagangan yang diborong dari PKL tersebut dibagikan secara gratis.

Siti Nenti, salah satu warga yang hadir awalnya sempat mengira bahwa kegiatan tersebut merupakan kampanye partai politik karena ada gambar Airlangga yang dikenal pula sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

“Saya kira lagi ada kampanye calon presiden. Ternyata mau borong dagangan UMKM,” kata Siti.

Sementara itu, salah seorang pelaku usaha, Lilis (39) mengaku terbantu dengan program tersebut. 200 bungkus bakso kulub (baslub) langsung habis saat itu juga. “Kebetulah saya mah sudah lama gabung UMKM usAHA. Jadi sebelum ini juga pernah ikut pelatihan, dan bantuan berupa kantong belanja gratis untuk pembeli ” ujar Lilis.

Pedagang es susu, Eko menyatakan bahwa program usAHA Borong usaha memnantu pedagang kecil di masa pemulihan ekonomi pasca pandemi. Banyak di antara pedagang adalah mantan karyawan perusahaan yang dipecat saat pandemi Covid-19 melanda sejak tahun 2020 lalu.

“Menurut saya programnya sudah bagus. Yang membantu pemulihan ekonomi saat ini kan memang UMKM. Karyawan swasta yang kena PHK aja pada jualan sekarang, makanya harus di-support,” tegas Eko.

Koordinator UMKM usAHA Kabupaten Bandung Barat, Hendra Mahfudin, menjelaskan kegiatan usAHA Borong usaha merupakan kegiatan kampanye agar masyarakat membeli produk-produk UMKM lokal.

“Pesan dari kegiatan Borong usAHA ini agar masyarakat membeli jajanan dari pedagang-pedagang kecil. Sehingga bisa menggerakan kembali perekonomian yang sempat terpuruk,” kata Hendra saat ditemui di lokasi usAHA Borong usaha, di Padalarang.

Hendra mengungkapkan bahwa UMKM yang bergabung dalam komunitas UMKM usAHA di Bandung Barat saat ini totalnya sebanyak 316 UMKM yang tersebar di 9 kecamatan, Padalarang, Lembang, Laprak, Cikalong Wetan, Cipatat, Saguling, Cihampelas, Cililin, dan Batujajar. UMKM tersebut rata-rata merupakan pedagang kaki lima dan warung kelontong.

Dia berharap, kelompok UMKM usAHA bisa terus menebar kegiatan positif yang bermanfaat dan menginspirasi para UMKM “Saya sih harapannya ke depan ada program baru lagi yang bermanfaat buat UMKM,” pungkas Hendra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Yana Mulyana Resmikan Rumah Warga Kelurahan Sindangjaya Kecamatan Mandalajati

Dedeh Rosidah, Warga RW 10 Kelurahan Sindangjaya Kecamatan Mandalajati tak bisa menyembunyikan kebahagiannya. Pasalnya, kini rumah yang ditempatinya memperoleh bantuan renovasi rumah. BERITABANDUNG.id - Dedeh...

Tegas! Pembina BAPERA Harap Arteria Dahlan di Pecat PDIP

BERITABANDUNG.id - Pembina BAPERA (Barisan Nusantara) Jawa Barat H Rahmat sulaeman, yg juga Mantan ketua KNPI, Ketua MKGR serta Sekjen Pemuda Pancasila angkat bicara...

Persib Petik Kemenangan Berharga dari Borneo FC

BERITABANDUNG.id - Memetik kemenangan penting menghadapi Borneo FC pada pertandingan lanjutan Kompetisi Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa...

Kelas Beringin Sukses, Warga Kabupaten Bandung Antusias Gabung Gokar

BERITABANDUNG.id - Puluhan warga kabupaten bandung mendatangi gedung DPD Golkar Kabupaten Bandung pada hari minggu tanggal 16 januari 2022, untuk mendaftar menjadi Kader Baru...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!