Monday, November 29, 2021
Ads
Home Pemerintah Kelurahan Sukapura Laksanakan Musrenbang RKPD 2022

Kelurahan Sukapura Laksanakan Musrenbang RKPD 2022

BERITABANDUNG.id – Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, di Rumah Makan Nelongso, Jumat (22 Januari 2021).

Musrenbang dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Kiaracondong, Anggota DPRD Kota Bandung Dapil Kecamatan Kiaracondong, Ketua DPD LPM Kota Bandung, WaKapolsek Kecamatan Kiaracondong, Kepala UPT Puskesmas Kiaracondong, Delegasi RW, para Ketua Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LPM, RW, PKK, Karang Taruna) Kelurahan Sukapura serta tokoh masyarakat dan stakeholder se-Kelurahan Sukapura. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pembukaan dan penutupan Musrenbang dilakukan oleh Lurah Sukapura, Melinasari. Dalam sambutannya, Melinasari mengatakan, perencanaan pembangunan yang dirancang diharapkan tidak hanya ampuh menyelesaikan permasalahan pada saat ini. Ia berharap, perencanaan pembangunan juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa datang melalui pendekatan yang kolaboratif dan inovatif.

“Kami berharap banyak, semoga SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait dapat segera menindaklanjuti seluruh hasil Musrenbang ini,” katanya.

Musrenbang RKPD dilaksanakan berdasarkan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Proses Musrenbang tahunan Kelurahan Sukapura diselenggarakan mulai dari tahap rembuk warga yang berlangsung pada 7-14 Januari 2021. Kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang Tingkat Kelurahan yang memiliki peran strategis dalam penyusunan RKPD Tahun 2022 agar tetap dalam koridor RPJMD 2018-2023. Fase terakhir adalah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Bandung Tahun 2005-2025.

“Musrenbang tahun ini merupakan konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat mengenai prioritas program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2022,” kata Melinasari.

Melinasari menyampaikan terima kasih kepada para narasumber, stakeholder serta seluruh peserta yang telah berkontribusi meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk Kelurahan Sukapura dan umumnya Kota Bandung.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Sukapura, Brio Deviola dalam laporannya menyampaikan, beberapa output Musrenbang tahun ini merupakan prioritas pembangunan Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong tahun 2022. Prioritas tersebut adalah, infrastruktur yang terpadu dan berkualitas; peningkatan kualitas layanan air bersih; peningkatan derajat kesehatan masyarakat; dan kualitas lingkungan hidup.

“Musrenbang yang telah dilaksanakan akan menjadi kesepakatan bersama dalam menentukan langkah-langkah pembangunan di tahun 2022 untuk mewujudkan Kelurahan Sukapura Bersinar dalam rangka dalam rangka mendukung visi Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis,” katanya.*** (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Flyover Simpang Padalarang Dibuka Mulai Sabtu

BERITABANDUNG.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan flyover Simpang Padalarang. Rencananya Flyover Padalarang – Kota Baru Parahyangan tersebut akan mulai beroperasi,...

Pemkot Bandung Berikan 9 Anugerah Pesona Pariwisata 2021

BERITABANDUNG.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku usaha pada malam Anugerah Pesona Pariwisata Tahun 2021 di Grand...

Bupati Bandung Instruksikan Pemerintah Desa Awasi PPKM saat Libur Natal dan Tahun Baru

BERITABANDUNG.id - Bupati Bandung Dadang Supriatna menginstruksikan pemerintah desa untuk mengawasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada akhir tahun untuk menekan risiko penularan Covid-19...

Pesta Kembang Api dan Arak-arakan Dilarang saat Libur Natal dan Tahun Baru di Kota Bandung

BERITABANDUNG.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan siap mengikuti arahan pemerintah pusat terkait pengetatan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Termasuk jika harus...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!