Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

BERITABANDUNG.id – Polda Jawa Barat mulai memberlakukan mekanisme Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Penerapan mekanisme tilang elektronik ini akan memudahkan petugas dalam menindak pelanggar lalu lintas.

“Jadi sebenarnya sekarang sudah bisa diberlakukan sehingga kalau kita lihat tadi sudah diperagakan jadi bisa langsung,” ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (23/3/2021).

Dofiri menuturkan pemberlakuan ETLE ini untuk tahap pertama akan diberlakukan di Bandung. Total ada 21 titik yang akan dipasang kamera untuk menjalankan mekanisme tilang elektronik tersebut.

“Untuk sementara di Kota Bandung, nanti pengembangan lebih lanjut mudah-mudahan nanti di Cirebon dalam artian tidak terlalu lama,” tutur dia.

Dofiri mengatakan keberadaan tilang elektronik tersebut dinilai memiliki efek yang baik di tengah-tengah masyarakat. Sebab, kata dia, masyarakat akan sadar dan merasa terawasi sehingga tidak melakukan pelanggaran di jalan.

“Pada saatnya nanti masyarakat juga perlahan mereka juga akan mengetahui dan ini tentunya memiliki efek yang bagus ya, karena selama ini kan harus menghadirkan petugas langsung berinteraksi dengan masyarakat tapi kan dengan ETLE maka mereka sadar betul bahwa suatu saat nanti mereka akan mendapatkan surat atau juga bisa langsung melalui notifikasi di hanphone-nya kalau sudah terdaftar,” ujarnya.

“Jadi ketika itu juga dia bisa ketahuan dia tidak memakai helm mendapat notifikasi bahwa saya melanggar dan tidak bisa mengelak karena foto dan nomor kendaraan yang bersangkutan juga terpampang di ETLE,” kata dia menambahkan.

Dofiri menambahkan kegunaan ETLE ini juga bukan hanya bagi pelanggar lalu lintas. Lebih jauh dari itu, kata dia, keberadaan ETLE juga dapat membantu mencegah terjadinya tindak pidana.

“Manfaatnya sangat banyak ya, bukan hanya pelanggaran lalu lintas saya kira, efeknya orang-orang mau melakukan hal-hal yang tidak kita ingin kan bersama, melakukan tindak pidana ya. Kemudian melakukan hal lainnya, itu bisa terdeteksi melalui kamera itu,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here