Friday, August 12, 2022
Ads
Home Kabar Kab Bandung Sungai Cisunggalah Meluap, Banjir Rendam Perumahan Warga di Kabupaten Bandung

Sungai Cisunggalah Meluap, Banjir Rendam Perumahan Warga di Kabupaten Bandung

BERITABANDUNG.id – Banjir merendam 10 rumah warga di Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Bencana ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi sehingga Sungai Cisunggalah meluap.

“10 Unit rumah itu ditinggali 10 KK atau 30 jiwa terdampak dan 3 di antaranya mengalami rusak sedang,” jelas Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, Rabu (10/11).

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, lanjut Abdul, Tinggi Muka Air (TMA) mulai 10 hingga 110 sentimeter. Kondisi terpantau pada malam tadi sekitar pukul 18.22 WIB.

“Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa,” ujarnya.

BPBD Kabupaten Bandung turun ke lapangan untuk melakukan asesmen dan memonitor perkembangan banjir. Laporan yang diterima Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB, sejumlah tanggul jebol karena luapan Sungai Cisunggalah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Jawa Barat berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang hingga Kamis (11/11). BMKG menyatakan status ‘waspada’ bagi wilayah Jawa Barat untuk potensi dampak bencana hidrometeorologi basah.

Kepala BNPB, Ganip Warsito telah mewanti-wanti pemangku kebijakan daerah agar melakukan upaya mitigasi, mempersiapkan diri dan selalu siaga menghadapi potensi bencana dampak La Nina. Prediksi BMKG, La Nina terjadi hingga Februari 2022.

Fenomena La Nina berdampak pada kenaikan intensitas hujan dan bisa memicu terjadinya banjir, banjir bandang, dan longsor.

“Fenomena La Nina harus bersama-sama kita antisipasi dan kita siapkan kesiapsiagaannya,” kata Ganip, Kamis (4/11).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Wali Kota Bandung: Perda RTRW 2022-2042 Bermanfaat Bagi Masyarakat dan Pembangunan

BERITABANDUNG.id - Hal itu disampaikan saat membuka Sosialisasi Raperda Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bandung Tahun 2022-2042 di Grandia Hotel, Jalan Cihampelas...

Puluhan para Ketua PKBM Se-Kota Bandung ikuti kegiatan Orientasi Kepramukaan Mabigus Kota Bandung

BERITABANDUNG.ID – Bandung – Puluhan para ketua PKBM Se Kota Bandung ikuti kegiatan sosialisasi dan Orientasi Kepramukaan Mabigus Kota Bandung pada Rabu tanggal 10...

Pemkot Bandung dan Kementerian PUPR Bakal Bangun Rusun Cisaranten

BERITABANDUNG.id - Nantinya, Rusun Cisaranten Bina Harapan bakal menghadirkan 1.900 unit dengan sasaran Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Terkait kerja sama ini, Wali Kota Bandung Yana...

Kalah Telak dari Borneo FC, Persib Lanjutkan Tren Negatif dan Berada di Zona Merah Liga 1

BERITABANDUNG.id - Persib Bandung kembali hasil kurang maksimal dalam lanjutan Liga 1 musim ini saat bertandang ke Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur untuk menghadapi Borneo FC pada Minggu (7/8/2022). Pada...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!