Tuesday, January 31, 2023
Ads
Home Metro Bandung Uji Coba Hari Pertama Fly Over Jalan Jakarta-Supratman Berjalan Lancar

Uji Coba Hari Pertama Fly Over Jalan Jakarta-Supratman Berjalan Lancar

BERITABANDUNG.id – Uji coba fly over Jalan Jakarta-Supratman Kota Bandung pada Senin (7 Desember 2020) berjalan lancar. Sesuai rencana, uji coba dilaksanakan dengan dua skema.

Skema pertama, kendaraan dari arah Jalan Jakarta langsung menuju Jalan Supratman. Sedangkan kendaraan yang datang dari Jalan Jakarta menuju Jalan Bogor, harus belok kanan ke arah Cicaheum dan tidak diperbolehkan belok kiri ke Jalan Ahmad Yani. Demikian juga dari Jalan Supratman, kendaraan langsung belok kiri ke Jalan Ahmad Yani menuju Cicadas.

“Uji coba skema pertama yang dilakukan hari ini sesuai dengan rencana, pagi tadi lalu lintas lancar,” ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Kota Bandung, Asep Kuswara, Senin (7 Desember 2020).

Untuk memantau dan mengamankan uji coba lalu lintas, Asep mengatakan, pihaknya menyiapkan puluhan tim gabungan dari Satlantas Polrestabes Bandung dan jajaran Dishub Kota Bandung. “Untuk memantau ada petugas Dishub 70 orang, dari PDKT 40 orang, dan polisi 30 orang,” jelasnya.

Namun Asep mengakui ada satu kendala di lapangan, yaitu pengendara yang masih kebingungan. Median Jalan Supratman yang terlalu dekat dengan akses lalu lintas. “Nanti yang median jalan itu akan dihabisi saja, jadi tidak ada” katanya.

Sementara itu rencana awal uji coba lalu lintas yang akan dilakukan pada pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB tidak jadi dilakukan. Asep mengatakan, uji coba dilakukan hingga sore.

“Dilakukan seharian, pagi ini lancar-lancar saja, jadi kita liat sampai sore nanti,” ujarnya.

Adapun skema kedua, flyover simpang Jalan Jakarta hingga Jalan Ahmad Yani dibuat dua arah, baik dari arah Antapani maupun sebaliknya. “Jadi nanti Jalan Jakarta dibagi dua arah. kendaraan dari Supratman ke Antapani langsung naik flyover baru, kemudian turun ke Jalan Jakarta dan selanjutnya naik fly over Pelangi,” jelas Asep.

Lalu bagi kendaraan dari arah Jalan Ahmad Yani ke arah timur atau menuju Antapani diperbolehkan belok kanan di bawah fly over baru menuju Jalan Jakarta. Sedangkan untuk uji coba pada Selasa, 8 Desember 2020, Asep menerangkan, kendaraan akan mengarah dari dua arah.

“Hari ini kita satu arahkan, yang besok kita dua arahkan. Itu dalam arti dua arahkan untuk Fly Over Jakarta-Supratman kita dua arahkan,” terang Asep.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kata Asep, arus lalu lintas berjalan lancar dan tidak menimbulkan kemacetan yang berarti. Hanya saja ada sedikit kendala di turunan Jalan Supratman.

“Untuk pantauan hari ini Alhamdulilah tidak ada kendala yang berarti, cuma dari turunan Jalan Supratman tentang median jalan, karena terlalu dekat. Kita akan geser 30 meter ke arah utara untuk dihilangkan median ini. Kemudian di depan SMP 14 ada celukan kiya hilangkan agar arus lalu lintas dari Timur ke Barat lancar,” imbuhnya.

Di samping itu, pihaknya bersama Satlantas sudah menempatkan petugas di beberapa titik untuk mengatur arus lalu lintas di masa uji coba Fly Over Jalan Jakarta-Supratman. “Petugas dari kita (Dishub) sekitar 50 orang dan dari Satlantas sekitar 30 orang. Jadi dari uji coba ini kita mudah-mudahan bisa mengambil skema terbaik untuk jalan FO ini,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kalahkan PSIS, Persib Kembali Kejalur Juara Liga 1

BERITABANDUNG.id - Persib Bandung melanjutkan rekor tak terkalahkan di 13 pertandingan Liga 1 2022/2023. Anak-anak asuhan Luis Milla sukses menaklukkan tuan rumah PSIS Semarang...

Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika, Wadah Inspiratif bagi Kaum Muda

BERITABANDUNG.id - Museum Konferensi Asia-Afrika atau yang bisa disebut dengan Museum KAA, merupakan gedung saksi peristiwa sejarah yaitu Konferensi Asia-Afrika yang berlangsung pada tanggal...

Keren! Kota Bandung Terbaik Soal Indeks Literasi Ekonomi Digital

BERITABANDUNG.id - Jika bicara tentang digitalisasi, warga Bandung patut bangga. Berdasarkan studi Indonesia Digital Economy Literacy Index (Indelix) 2022, Kota Bandung menjadi daerah dengan...

Ducting di Kawasan Dago 100 Persen, Selanjutnya Kawasan Jalan Riau

BERITABANDUNG.id - Program ducting atau penanaman kabel udara ke dalam tanah di kawasan Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) oleh Pemkot Bandung pada 2022 telah...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!