Friday, October 25, 2024
Ads
HomePendidikanUniversitas Nasional Pasim Bandung Gelar pengabdian Kepada Masyarakat Di SMA Muhammadiyah 1...

Universitas Nasional Pasim Bandung Gelar pengabdian Kepada Masyarakat Di SMA Muhammadiyah 1 Cimahi

BERITABANDUNG.id – 22 Mei 2024 Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian. Pengabdian masyarakat merupakan bagian integral tri dharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lain serta melibatkan segenap sivitas akademik.

SMA Muhammadiyah 1 Cimahi menjadi tuan rumah bagi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh Tim PkM dari Universitas Nasional Pasim Bandung. Kegiatan ini mengusung tema “Menyongsong Indonesia Emas 2045” dan menghadirkan lima pembicara dari berbagai program studi di Universitas Nasional Pasim (Unas Pasim).

Acara ini berlangsung di Gedung Multimedia SMA Muhammadiyah 1 Cimahi. Lima pembicara yang hadir dalam kegiatan ini adalah :

• Sjamsurizal dari Program Studi Teknik Industri,

• Desfitriady dari Program Studi Manajemen,

• Fristi Arfiawati dari Program Studi Bahasa Inggris,

• Dewi S. Halibanon dari Program Studi Sastra Jepang, dan

• Nastiti Rizky dari Program Studi Akuntansi.

Masing-masing pembicara memberikan perspektif dari keilmuan mereka mengenai tantangan dan peluang yang akan dihadapi Indonesia pada tahun 2045. Mereka juga secara strategis membahas mengenai ancaman serta pemanfaatan bonus demografi yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Rektor Universitas Nasional Pasim, Eko Travada, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Rektor Kerjasama, menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidikan tinggi dengan SMA atau sederajat. “Insyaallah, kolaborasi ini akan membuat sumber daya manusia kita bisa lebih maju. Sumber daya manusia yang sekarang adalah bagian penting dalam pencapaian tujuan Indonesia Emas 2045, oleh karena itu, kegiatan seperti ini harus lebih diintensifkan,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Cimahi, Imas Rosmiati, juga mengungkapkan rasa senangnya atas kegiatan PkM ini. “Kami sangat senang dengan adanya kegiatan PkM yang dilaksanakan oleh Tim Unas Pasim. Para siswa mendapatkan pencerahan dan tambahan motivasi untuk bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Apalagi dengan banyaknya peluang beasiswa yang disediakan kampus dan jaminan keluar negeri yang sangat menarik,” kata Imas Rosmiati.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu 22 Mei 2024 ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan motivasi bagi para siswa SMA Muhammadiyah 1 Cimahi dalam menyongsong masa depan mereka. Dengan adanya sinergi antara pendidikan tinggi dan sekolah menengah, diharapkan dapat tercipta sumber daya manusia yang unggul dan siap menghadapi tantangan global di masa depan.*red

Most Popular

Recent Comments