Proyeksi Pembangunan
Proyeksi Pembangunan

BERITABANDUNG.id – Peningkatan volume kendaraan kerap menyebabkan kemacetan sejumlah ruas jalan di Kota Bandung. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah berupaya mengurai kemacetan dengan membangun jalan alternatif.

Terbaru, Pemkot Bandung berencana membangun jalan alternatif yang menghubungkan kawasan Kopo dan Cibaduyut. Pasalnya kemacetan kerap terjadi di kawasan tersebut.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, jalan tersebut akan dibangun di atas tanah hibah dari masyarakat. Saat ini, Pemkot Bandung tengah mengkaji pembangunan jalan alternatif tersebut

“Ada masyarakat mau menghibahkan tanah untuk dibangun jalan tembus dari Kopo-Cibaduyut. Jadi kita kaji regulasinya karena seluruh kebutuhan tanahnya hibah masyarakat,” katanya saat meninjau jalan di kawasan Bizpark, Kopo, Senin (7 Juni 2021).

Namun menurutnya, pembangunan masih belum bisa dilakukan lantaran masih menunggu proses administrasi yang harus diselesaikan oleh Bizpark, selaku pengusaha yang menghibahkan tanah.

“Mudah-mudahan (pembangunan) tahun ini karena manfaat untuk masyarakatnya besar,” ucapnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi menjelaskan, nantinya dibangun dua jalur alternatif sepanjang 1,55 KM yang menghubungkan Kopo-Cibaduyut.

Jalur pertama yaitu masuk melalui Jalan Kopo Cirangrang kemudian tembus ke Cibaduyut. Sementara jalur kedua yakni masuk melalui Bizpark Commercial Estate kemudian tembus ke Cibaduyut.

“Kalau yang masuk dari Bizpark, nanti keluar dari Cibaduyut yang seberang Mekarwangi. kalau yang Kopo masuk dekat tol yang ada kereta KCIC, nanti keluar lagi dekat jalan tol,” bebernya.

Setelah pihak pengusaha menyelesaikan proses administrasi, kata Didi, pembangunan baru bisa dilakukan. “Karena semua tanahnya hibah dari Bizpark, kalau sudah beres bisa lebih cepat. Berharap tahun ini minimal satu sudah beres,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan bisa mengurangi beban Soekarno Hatta. Jadi kalau mau ke Cibaduyut tidak harus ke Soekarno Hatta dulu,” harapnya.