Saturday, November 27, 2021
Ads
Home Kabar KBB Viral Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat

Viral Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat

BERITABANDUNG.id – Sebuah video berdurasi 1.30 menit yang merekam sekelompok warga mendeklarasikan pembentukan jundullah atau tentara Allah di sebuah masjid di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, viral di media sosial. Saat deklarasi, tampak beberapa anak-anak dalam video itu.

Dalam video tersebut, pimpinan jamaah yang mendeklarasikan pembentukan jundullah tersebut, kegiatan dilakukan pada Jumat 1 Januari 2021 di Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kecamatan Bandung Barat (KBB).

Informasi yang beredar pimpinan jemaah tersebut diketahui bernama Erwan Sa’ad. Sambil membacakan deklarasi, dia didampingi belasan pengikut yang berdiri di belakang yang mengenakan baju gamis. Bahkan ada beberapa Jamaah masih anak-anak.

Deklarasi itu menyebutkan, pembentukan Jundullah atau tentara Allah. Bahwa pada hari ini Jumat 1 januari 2021 di Masjid Allah Sawah, Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, KBB dibentuk suatu jemaah yang diberi nama Jundullah dengan penanggung jawab Erwan Sa’and.

Turut pula disinggung sejumlah surat dalam Alquran yang menjadi dasar dilakukannya deklarasi. Dalam deklarasi, dibacakan juga ayat-ayat yang menjadi penyemangat jamaah yang hadir. Alhasil deklarasi yang dibacakan dari awal sampai dipekikan dengan semangat.

Ketua RW 03 Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti yang menjadi lokasi deklarasi, Supiyandani mengaku, sama sekali tidak mengetahui jika ada kegiatan deklarasi pembentukan Jundullah di masjid di wilayahnya.
Pasalnya tidak ada informasi atau pemberitahuan sebelumnya ke pengurus RT dan RW. “Saya gak tahu ada acara itu (deklarasi). Soalnya gak ada informasi juga,” kata Supiyandani, Senin (4/1/2021).
Sepengetahuannya, Erwan Sa’ad yang memimpin deklarasi itu memang memiliki jamaah masjid di wilayahnya. Akan tetapi Erwan tidak berdomisili di Kampung Sasak Bubur. Selama ini mereka berkegiatan pengajian biasa dan tidak pernah melakukan kegiatan yang aneh-aneh. “Komunikasi jarang sama pengurus. Adanya video itu kaget juga. Mestinya kalau ada acara keagamaan lapor dulu ke RT dan RW, deklarasi itu sama sekali enggak ada info,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Flyover Simpang Padalarang Dibuka Mulai Sabtu

BERITABANDUNG.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan flyover Simpang Padalarang. Rencananya Flyover Padalarang – Kota Baru Parahyangan tersebut akan mulai beroperasi,...

Pemkot Bandung Berikan 9 Anugerah Pesona Pariwisata 2021

BERITABANDUNG.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku usaha pada malam Anugerah Pesona Pariwisata Tahun 2021 di Grand...

Bupati Bandung Instruksikan Pemerintah Desa Awasi PPKM saat Libur Natal dan Tahun Baru

BERITABANDUNG.id - Bupati Bandung Dadang Supriatna menginstruksikan pemerintah desa untuk mengawasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada akhir tahun untuk menekan risiko penularan Covid-19...

Pesta Kembang Api dan Arak-arakan Dilarang saat Libur Natal dan Tahun Baru di Kota Bandung

BERITABANDUNG.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan siap mengikuti arahan pemerintah pusat terkait pengetatan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Termasuk jika harus...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!