Tuesday, July 27, 2021
Home Kabar KBB Viral Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat

Viral Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat

BERITABANDUNG.id – Sebuah video berdurasi 1.30 menit yang merekam sekelompok warga mendeklarasikan pembentukan jundullah atau tentara Allah di sebuah masjid di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, viral di media sosial. Saat deklarasi, tampak beberapa anak-anak dalam video itu.

Dalam video tersebut, pimpinan jamaah yang mendeklarasikan pembentukan jundullah tersebut, kegiatan dilakukan pada Jumat 1 Januari 2021 di Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kecamatan Bandung Barat (KBB).

Informasi yang beredar pimpinan jemaah tersebut diketahui bernama Erwan Sa’ad. Sambil membacakan deklarasi, dia didampingi belasan pengikut yang berdiri di belakang yang mengenakan baju gamis. Bahkan ada beberapa Jamaah masih anak-anak.

Deklarasi itu menyebutkan, pembentukan Jundullah atau tentara Allah. Bahwa pada hari ini Jumat 1 januari 2021 di Masjid Allah Sawah, Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, KBB dibentuk suatu jemaah yang diberi nama Jundullah dengan penanggung jawab Erwan Sa’and.

Turut pula disinggung sejumlah surat dalam Alquran yang menjadi dasar dilakukannya deklarasi. Dalam deklarasi, dibacakan juga ayat-ayat yang menjadi penyemangat jamaah yang hadir. Alhasil deklarasi yang dibacakan dari awal sampai dipekikan dengan semangat.

Ketua RW 03 Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti yang menjadi lokasi deklarasi, Supiyandani mengaku, sama sekali tidak mengetahui jika ada kegiatan deklarasi pembentukan Jundullah di masjid di wilayahnya.
Pasalnya tidak ada informasi atau pemberitahuan sebelumnya ke pengurus RT dan RW. “Saya gak tahu ada acara itu (deklarasi). Soalnya gak ada informasi juga,” kata Supiyandani, Senin (4/1/2021).
Sepengetahuannya, Erwan Sa’ad yang memimpin deklarasi itu memang memiliki jamaah masjid di wilayahnya. Akan tetapi Erwan tidak berdomisili di Kampung Sasak Bubur. Selama ini mereka berkegiatan pengajian biasa dan tidak pernah melakukan kegiatan yang aneh-aneh. “Komunikasi jarang sama pengurus. Adanya video itu kaget juga. Mestinya kalau ada acara keagamaan lapor dulu ke RT dan RW, deklarasi itu sama sekali enggak ada info,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Oded Masih Dirawat, Yana Siap Apabila Ditunjuk Jadi Plh Wali Kota Bandung

BERITABANDUNG.id - Wali Kota Bandung Oded M Danial masih menjalani perawatan medis secara intensif di Rumah Sakit Kebonjati, Kota Bandung. Wakil Wali Kota Bandung Yana...

Kasus Aktif Covid-19 di Bandung Lampaui Angka 8 Ribu

BERITABANDUNG.id - Kasus aktif Covid-19 di Kota Bandung menembus angka 8.000 orang berdasarkan data Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov) yang diakses di laman covid19.bandung.go.id, yaitu...

Kolaborasi ICMI Orwil Jawa Barat dan Aksi Cepat Tanggap (ACT)

BERITABANDUNG.id - Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia ( ICMI ) Orwil Jawa Barat Salurkan Daging Qurban dan 1 Ton Beras...

Yuk Lindungi Anak di Masa Pandemi Covid-19

BERITABANDUNG.id - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung, Rita Verita mengungkapkan, perlindungan anak di masa pandemi Covid-19 sangatlah penting. Pasalnya,...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!