Thursday, February 29, 2024
Ads
HomePERSIB#BeritaPersib : Kisah Atep Berbagi Peran Kapten dengan Firman Utina di Persib

#BeritaPersib : Kisah Atep Berbagi Peran Kapten dengan Firman Utina di Persib

BERITABANDUNG – Persib Bandung mencatatkan prestasi menawan pada 2014 dengan menjadi juara Indonesia Super League (ISL). Persib menjelma menjadi tim kuat dengan materi pemain yang punya nama besar di bawah asuhan Djadjang Nurdjaman.

Melihat skuat Persib Bandung ketika itu, ada yang menyebut Maung Bandung layak disebut sebagai miniatur Timnas Indonesia. Ada nama-nama berlabel tim nasional, mulai dari I Made Wirawan, Supardi Nasir, Hariono, Firman Utina, Atep, Ferdinand Sinaga, Toni Sucipto, Ahmad Jufriyanto, Tantan, hingga Muhammad Ridwan.

Belum lagi deretan pemain asing yang berkualitas, seperti Vladimir Vujovic, Djibril Coulibaly, dan Makan Konate. Dalam pertandingan final kala itu, tim kesayangan bobotoh itu meraih gelar setelah menang atas Persipura Jayapura di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Persib menang 5-3 melalui drama adu penalti setelah bermain sama kuat 2-2 dalam waktu normal.

Ada kisah menarik kala itu, di mana Persib punya dua sosok kapten tim. Atep dan Firman Utina, keduanya kerap menyandang ban kapten di lengan. Memang kala itu publik lebih menganggap Firman Utina sebagai kapten Maung Bandung.

Namun, fakta sebenarnya adalah kapten Persib pada musim 2014 adalah Atep. Ia menceritakan kisahnya itu dalam kanal Youtube Republik Bobotoh TV.

“Posisi kapten tim sejak awal Coach Djanur melatih itu untuk saya. Namun, Firman Utina yang memiliki leadership dan cara berkomunikasi yang bagus punya peran besar. Sementara saya lebih banyak diam dan menampung curhat para pemain,” kisah Atep mengenai momen berseragam Persib Bandung kala itu.

Atep mengenang masa-masa luar biasa bersama Persib Bandung pada saat itu, termasuk berbagi peran kapten tim dengan Firman Utina. Atep tidak merasa kecewa jika Firman Utina lebih dipandang sebagai kapten tim, meski sebenarnya dirinya adalah sosok pemimpin di Persib.

“Banyak yang bertanya, memang kapten saat itu siapa sebenarnya. Memang lebih banyak Firman yang tampil di lapangan, meski saya sebenarnya kapten utama yang dipercayakan oleh Coach Djanur,” kenangnya.

“Peran Firman memang luar biasa, dalam memimpin sebuah tim dan kerap membawa tim yang dibelanya menjadi juara. Kemudian Persib adalah sebuah keluarga besar, tidak hanya skuat yang tampil di lapangan. Kami menyatu dengan semua elemen, termasuk bobotoh,” ujar Atep.

Most Popular

Recent Comments