BERITABANDUNG.id – Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sudah dinyatakan negatif dari COVID-19 setelah menjalani swab test kedua pada Selasa (19/1).

Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat Asep Sodikin mengatakan saat ini kondisi kesehatan Aa Umbara sudah jauh membaik tanpa perlu menerima bantuan alat pernafasan seperti sebelumnya. “Dari hasil swab test kemarin, Pak Bupati sehat hasilnya negatif COVID-19. Namun membutuhkan beberapa hari untuk pemulihan,” ucap Asep Sodikin, Jumat (22/1/2021).

Meski sudah dinyatakan negatif COVID-19, kata Asep, orang nomor satu di Bandung Barat itu tidak bisa langsung beraktivitas seperti biasa. Kesehatannya harus dipastikan sampai benar-benar pulih terlebih dahulu.

“Ada beberapa agenda yang kita rencanakan yang bisa dilakukan secara virtual. Seperti untuk pengukuhan pejabat tinggi pratama. Rotasi mutasi secara virtual, karena belum memungkinkan ke lapangan dulu,” kata Asep.

Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengatakan saat ini Bupati Bandung Barat Aa Umbara masih menjalani isolasi di kediamannya karena belum benar-benar pulih.

“Untuk saat ini masih menjalani pemulihan di rumahnya, karena sejak awal kan menjalani isolasi mandiri di rumah tapi dengan pengawasan petugas medis,” kata Hernawan.

Pihaknya juga sudah melakukan tracing kepada 70 kontak erat. Namun demikian, pihaknya tidak bisa memastikan dari mana Umbara terpapar COVID-19.

“Kita sudah melakukan tracing kepada 70 kontak erat pak bupati. Hasilnya negatif semua. Masalah terpapar di mana, kita tidak bisa memastikan aktivitas beliau juga,” ujar Hernawan.

Selain Bupati Bandung Barat Aa Umbara, istri serta anaknya yakni Yuyun Yuningsih dan Rian Firmansyah masih dinyatakan positif COVID-19. Keduanya menjalani perawatan terpisah, Yuyun dirawat di kediamannya, sementara Rian dirawat di ruang isolasi RSUD Lembang. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here