Tuesday, September 21, 2021
Home Gaya Hidup Lewat KPSM, RW 08 Kelurahan Sarijadi Mampu Kelola 70 Persen Sampah

Lewat KPSM, RW 08 Kelurahan Sarijadi Mampu Kelola 70 Persen Sampah

BERITABANDUNG.id – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial terus mendorong setiap Rukun Warga (RW) di Kota Bandung memiliki kawasan Pengelolaan Sampah Mandiri (KPSM). Apalagi jika mampu mengelola hingga 70 persen, sehingga jumlah sampah yang dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) semakin sedikit.Wali kota meminta wilayah lain di Kota Bandung untuk mencontoh KPSM di RW 08 Kelurahan Sarijadi Kecamatan Sukasari. “(Di sini) Sudah 70 persen sampah dikelola mandiri. Saya intruksikan untuk diduplikasi kepada wilayah mulai dari kelurahan sampai RW,” tuturnya di sela-sela peninjauan KPSM RW 08 Kelurahan Sarijadi, Selasa (24 Agustus 2021).

Pada kesempatan itu, wali kota juga meresmikan pencanangan KPSM di kawasan tersebut. Pencangan tersebut merupakan salah satu bagian dari program lingkungan seperti Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) maupun Buruan Sae.

Terkait pendanaan, ia mengatakan, komunitas bisa mengelola sampah dengan anggaran yang tak besar. Karena dengan kemandirian setiap rumah tangga, rumah di kawasan tersebut mampu mengelola sampah masing-masing.

“Sangat murah, dengan swadaya ini cukup. Karena kalau mau pakai teknelogi tinggi itu triliuan. Kota Bandung harus siapkan dana. Dengan swadaya ini cukup,” bebernya.

Atas perkembangan setiap warga yang mandiri seperti ini, wali kota berencana menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) untuk menjelaskan mengenai penanganan sampah. “Perwalnya nanti kita masukan soal penanganan sampah, akan diterapkan tiap RW,” tuturnya.

Ia yakin Kota Bandung akan mencapai zero waste jika masyarakatnya mandiri mengelola sampah seperti ini. “Saya semakin yakin Kota Bandung ini dengan diterapkan KPSM akan terintegrasi dengan program lainnya. Seperti Buruan Sae maupun Kang Pisman,” katanya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asep Saeful Gufron menyampaikan, data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung menyebutkan, timbunan sampah mencapai 1.628 ton per hari. Dari jumlah itu sebanyak 70 persen sampah rumah tangga.

“Solusi sampah rumah tangga yang akan kita masifkan dengan inovasi Salam Daya (Sampah Terkelola Masyarakat Berdaya) sebagai strategi penguatan PIPPK pada solusi pengelolaan sampah mandiri,” tuturnya.

Aparat kewilayahan khusunya warga RW 08 tengah memanfaatkan langsung dengan PIPPK. Inovasi ini bisa menunjang optimalisasi pemanfaatan sebagian anggaran stimulan untuk pengelolaan sampah mandiri.

“Ini bersinergi dan terintegrasi dengan gerakan Kang Pisman dan Buruan Sae,” kata Asep.

Sedangkan Ketua RW 08, Asep Mulyana mengatakan, KPSM merupakan kelompok atau komunitas dan setiap rumah tangga mampu mengelola sampah di rumah masing-masing. “Komunitas itu seperti rumah tangga, itu pasti menghasilkan sampah. Kita berupaya untuk menerapkan kebersihan,” tuturnya.

Lewat KPSM mampu menghasilkan berbagai macam manfaat. Untuk anorganik dari bank sampah bisa untuk disedekahkan. Sedangkan residu bisa menjadi kerajinan tangan. “Organiknya, bisa magotisasi, kompos, peternakan dan pertanian organik,” kata Asep.

Menurutnya, warga RW 08 sudah mulai sadar akan pentingkan kebersihan. Maka dengan mengelola sampah di tiap rumah tangga menjadi hal yang biasa. “Alhamdulillah warga sudah mampu memilih dan memilah sampah,” katanya. (Hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

#HJKB211 Beresih Bandung Jilid 3, Komitmen Oded dan Yana Ciptakan Bandung Nyaman

BERITABANDUNG.id - Menyambut Hari Jadi ke-211 Kota Bandung (HJKB), Pemerintah Kota Bandung menggelar Bandung Beresih Jilid 3. Kegiatan ini diharapkan tumbuh menjadi karakter masyarakat...

Kronologi Perampokan Toko Emas Gaya Baru Bandung, Polisi: Diduga Pemilik Tewas oleh Teknisi CCTV

BERITABANDUNG.id - Polisi mengungkap kronologis kejadian perampokan di toko emas Gaya Baru, Jalan Kosambi, Kota Bandung, kemarin, yang menewaskan pemilik toko berinisial T (60). Kejadian...

Pemerintah Kota Bandung Berusaha Mempercepat Penuntasan Vaksinasi Remaja

BERITABANDUNG.id - Ketersediaan vaksinasi Kota Bandung aman untuk dua pekan ke depan. Hal tersebut sesuai dengan alokasi yang diupayakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk...

Usai Ditahan Imbang Bali United, Pelatih Persib Sampaikan Kabar Gembira

BERITABANDUNG.id - Persib Bandung hanya mampu menuai satu angka pada laga pekan ketiga Liga 1 2021, Sabtu 18 September 2021. Satu angka tersebut didapat Persib...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!