BERITABANDUNG.ID – Kelompok Mahasiswa KKN-T IPM  yang melaksanakan KKN-T di Kelurahan Karang Pamulang Kota Bandung ajak Warga mengubah botol bekas menjadi hidroponik.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada Selasa, 12 Agustus 2020 ini dilaksakan di halaman belakang Kantor Kelurahan Karang Pamulang. Pelatihan ini berisi tentang pengenalan dasar-dasar hidroponik dan pelatihan pembuatan instalasi hidroponik menggunakan bahan baku botol bekas.

Pelatihan yang dihadiri oleh sekitar 20 orang peserta yang berasal dari beragam kalangan, mulai dari ibu-ibu PKK Kelurahan Karang Pamulang, ibu-ibu PKK Kecamatan Mandalajati, Gober (gorong-gorong dan kebersihan), hingga pemuda Karang Taruna Karang Pamulang.

Hidroponik yang dibuat menggunakan botol bekas menggunakan sistem wick. Sistem ini sangat mudah dilakukan oleh para pemula dan memiliki keberhasilan yang tinggi. Selain botol bekas, instalasi ini juga memerlukan kain sebagai sumbu penggangkut air dan nutrisi. Peserta juga diajarkan tentang dasar-dasar hidroponik dan sistem kerja dari hidroponik yang umumnya digunakan yaitu NFT (nutrient film technique) dan DFT (deep flow technique). Dalam sambutannya, Lurah Karang Pamulang, Drs. Dadang Hermawan menghimbau kepada peserta agar mengikuti pelatihan dengan baik dan menyebarkan ilmu yang diperoleh untuk dicontoh oleh warga di lingkungannya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here