Friday, October 22, 2021
Home PERSIB Persib Road to Final Piala Menpora 2021: Tanpa Target di Awal, Tak...

Persib Road to Final Piala Menpora 2021: Tanpa Target di Awal, Tak Ada Beban hingga ke Puncak

BERITABANDUNG.id – Persib Bandung berhasil melangkah ke final Piala Menpora 2021 dan akan menghadapi Persija Jakarta dalam laga puncak yang digelar dua leg pada 22 dan 25 April 2021. Satu hal yang menarik, sejak awal Persib tidak menargetkan apa pun dalam turnamen pramusim ini kecuali memberikan menit bermain kepada semua pemainnya setelah vakum bertanding sepak bola selama satu tahun.

Sebelum tampil di Piala Menpora 2021, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, dan pelatih Maung Bandung, Robert Alberts, sepakat menegaskan tidak ada target yang diusung dalam turnamen pramusim ini. Menurut pelatih asal Belanda dan sang direktur, turnamen ini benar-benar menjadi persiapan untuk para pemain yang sudah lama tidak bertanding sepak bola.

Pernyataan keduanya dipertegas dengan keputusan Robert Alberts merotasi para pemainnya selama fase grup Piala Menpora 2021. Selain Supardi Nasir yang absen pada fase grup karena tengah mengikuti kursus lisensi kepelatihan, semua pemain Persib mendapatkan menit bermain dari Robert Alberts pada fase grup.

Bahkan hal tersebut bisa dilihat langsung dengan kesempatan yang diraih oleh tiga kiper Persib Bandung, I Made Wirawan, Teja Paku Alam, dan Dhika Bhayangkara yang mendapatkan kesempatan bertanding, masing-masing satu kali di fase grup. Bahkan dari semua pemain yang dibawa Robert Alberts, hanya Victor Igbonefo satu-satunya pemain yang tampil dalam tiga pertandingan tersebut.

Tak hanya merotasi pemain dan memberikan kepada setiap pemain yang ada, Robert Alberts juga merotasi ban kapten di fase grup. Maklum tak ada Supardi Nasir, Persib Bandung butuh sosok pemimpin lain. Kala itu, Victor Igbonefo, Esteban Vizcarra, dan Dedi Kusnandar mendapat kesempatan untuk memimpin rekan-rekan setimnya sebagai kapten di lapangan hijau.

Hingga memastikan diri melangkah ke final Piala Menpora 2021, Persib Bandung melewati enam pertandingan sejak awal turnamen pramusim itu digelar. Hasilnya, Persib tanpa terkalahkan dan meraih empat kemenangan di antaranya.

Persib mengawali kiprah di Piala Menpora dengan hasil imbang 1-1 saat menghadapi Bali United. Kebobolan lebih dulu lewat gol Willian Pacheco, Persib mampu menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Frets Butuan pada menit ke-89.

Laga tersebut seakan menjadi ajang pemanasan sebelum meraih dua kemenangan dalam laga fase grup yang tersisa. Persib menang 3-1 atas Persita Tangerang dan 2-1 atas Persiraja Banda Aceh.

Frets Butuan kembali mencatatkan namanya di papan skor dalam kemenangan atas Persita, selain Esteban Vizcarra dan Ezra Walian. Sementara dalam laga kontra Persiraja Wander Luiz dan Ferdinand Sinaga mencatatkan namanya di papan skor.

Melangkah ke perempat final sebagai juara Grup D Piala Menpora 2021, Persib langsung dihadapkan dengan laga seru kontra Persebaya Surabaya. Persib bahkan mampu unggul cepat. Dalam enam menit pertama, Persib unggul 2-0 berkat gol Ezra Walian saat laga baru berjalan 40 detik dan Wander Luiz pada menit keenam.

Bahkan Nick Kuipers berhasil memperbesar keunggulan Persib Bandung menjadi 3-0 melalui gol yang dicetaknya pada menit ke-37. Persib mampu unggul 3-0 saat babak pertama berakhir. Namun, Persib kebobolan dua gol pada babak kedua, tapi beruntung bisa tetap unggul untuk lolos ke semifinal.

Dalam dua leg pertandingan semifinal kontra PSS Sleman, Persib Bandung tampil pantang menyerah. Dalam dua laga tersebut, Persib sama-sama tertinggal lebih dulu sebelum hingga akhirnya membalas.

Dalam leg pertama, gol Saddam Gaffar sempat membuat Persib tertinggal. Beruntung Victor Igbonefo dan Frets Butuan mampu mencetak gol dan membawa Persib berbalik unggul dan menang 2-1. Sementara pada leg kedua, Saddam Gaffar kembali membuat Persib tertinggal, tapi Ezra Walian mampu menyamakan kedudukan dan Persib pun melangkah ke final dengan agregat 3-2.

Dalam laga puncak Piala Menpora 2021, Persib Bandung bakal menghadapi lawan bebuyutan mereka, Persija Jakarta. Laga puncak itu juga digelar dalam dua leg, masing-masing di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Kamis (22/4/2021), dan di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021). (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kota Bandung PPKM Level 2, Bioskop Bisa Menampung Lebih Banyak Penonton

BERITABANDUG.id - Kota Bandung masuk tingkat kewaspadaan PPKM Level 2, sehingga ada penambahan relaksasi atau kelonggaran untuk bioskop dan arena bermain anak. Relaksasi PPKM level...

Peringati Hari Santri, Wakil Wali Kota Titip Tingkatkan Cinta Tanah Air

BERITABANDUNG.id - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta kepada para santri agar lebih mencintai bangsa dan Tanah Air. Pesan tersebut disampaikan saat upacara...

Suzuki Carry Ringsek Tertimpa Pohon Tumbang di Gedebage Kota Bandung

BERITABANDUNG.id - Beberapa pohon tumbang saat Kota Bandung diguyur hujan deras dan angin kencang pada Kamis (21/10/2021) sore. Di kawasan Gedebage, dua unit kendaraan roda...

Hujan Angin Landa Bandung, Pesawat Berputar Belasan Kali Sebelum Mendarat

BERITABANDUNG.id - Di tengah hujan deras disertai angin yang mengguyur Kota Bandung, warga sekitar Bojongsoang-Ciparay dikagetkan dengan sebuah pesawat berputar-putar hingga belasan kali. Pemandangan itu...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!