Foto : Riandy Hidayat - BeritaBandung.id
Foto : Riandy Hidayat - BeritaBandung.id

BERITABANDUNG.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akan melantik lima kepala daerah yang terpilih melalui Pilkada Serentak 2020 lalu di Gedung Merdeka, Bandung, pada hari ini, Jumat (26/2).

“Rencana 5 kepala daerah di Gedung Merdeka,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Jabar Setiaji, Kamis (25/2).

 

Setiaji mengatakan bahwa kelima pasangan kepala daerah yang bakal dilantik itu yakni untuk Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Pangandaran, Kota Depok, dan Kabupaten Indramayu.

Menurut Setiaji, masyarakat Jabar dapat menyaksikan prosesi pelantikan itu melalui kanal YouTube milik Humas Provinsi Jabar. Acara dimulai pukul 09.00 WIB.

Menurut Setiaji, masyarakat Jabar dapat menyaksikan prosesi pelantikan itu melalui kanal YouTube milik Humas Provinsi Jabar. Acara dimulai pukul 09.00 WIB.

Semula, rencana pelantikan Kepala Daerah pemenang pilkada serentak tahun 2020 akan dilaksanakan pada 17 Februari lalu, tapi ditunda berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), Nomor 121/540/OTDA tanggal 26 Januari 2021 perihal Persiapan Penugasan Penjabat Kepala Daerah.

Acara ditunda karena ada 132 pasangan calon kepala daerah yang mengajukan permohonan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2020 ke Mahkamah Konstitusi.

Setelah itu, pelantikan direncanakan akan secara virtual berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri, melalui‎ Direktorat Jenderal Otonomi Daerah nomor 131/966/OTDA tanggal 15 Februari 2021 perihal Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Wali kota/Wakil Wali kota Melalui Media Teleconference dan/atau Video Conference.

Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, secara virtual pada 26 Februari.

Sementara itu, pelantikan bupati dan wakil bupati Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Untuk pelantikan bupati dan wakil bupati Kabupaten Cianjur rencananya dilaksanakan selang satu bulan setelah pelantikan lima kepala daerah ini. Pelantikan tertunda karena masa jabatan bupati dan wakil bupati Cianjur periode 2015-2021 baru berakhir April mendatang. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here