Monday, June 21, 2021
Home Metro Bandung Sukamiskin dan Cihaurgeulis Jadi Percontohan Waste To Food

Sukamiskin dan Cihaurgeulis Jadi Percontohan Waste To Food

BERITABANDUNG.id – Sukamiskin dan Kelurahan Cihaurgeulis menjadi wilayah percontohan pengelolaan sampah menggunakan konsep waste to food di Kota Bandung. Di dua wilayah ini, sampah dapur bakal diolah menjadi pupuk, kompos basah dan kering. Lalu, pupuk atau kompos kembali lagi ke alam untuk menyuburkan tanaman.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan secara langsung dua wilayah ini sebagai percontohan waste to food, Rabu (2 Desember 2020), di Jalan Futsal III B RT 07/RW 13 Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik.

Wali kota mendukung dua wilayah ini untuk mengelola sampah menjadi hal yang berguna. “Sampah dapur diolah, jadi pupuk, kompos basah dan kering, itu kembali lagi ke alam. Pupuk itu menyuburkan kembali,” katanya.

Ia menuturkan waste to food dan Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis) yang merupakan pengembangan dari konsep mengelola sampah dengan pola Gerakan Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah (Kang Pisman).

Ia pun sangat optimis permasalahan sampah di Kota Bandung bisa teratasi apabila seluruh warga Kota Bandung melaksanakan Kang Pisman. “Saya mempunyai keyakinan apabila program Kang Pisman masif, insyaallah permasalahan sampah di Kota Bandung selesai,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Kamalia Purbani mengatakan, implementasi Kang Pisman dan waste to food di dua kelurahan merupakan tindak lanjut dari Rencana Teknis Pengelolaan Sampah (RTPS) kelurahan atau master plan kelurahan dalam pengelolaan sampah.

“Sistem yang dibangun adalah pengelolaan sampah. Dukungan pembiayaan dari pemerintah kota,” jelasnya.

Sedangkan Pegiat Kelompok Tani Pesona 13, Luki menjelaskan, implementasi program gerakan Kang PisMan dan Waste to food tak lepas dari kolaborasi warga dengan aparat kewilayahan.

Ia pun berharap program itu bisa dapat dikembangkan sehingga permasalahan di Kota Bandung khususnya di RW 03 Kelurahan Sukamiskin dapat teratasi.

“Dapat dikembangkan lebih besar dan lebih lanjut. Kalau di semua RW bergerak secara masif maka persoalan sampah beres,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ridwan Kamil Minta 27 Kepala Daerah di Jabar Gerak Cepat Tingkatkan BOR

BERITABANDUNG.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta 27 kepala daerah di Jabar bergerak cepat dalam melakukan peningkatan keterisian tempat tidur untuk perawatan pasien...

171 Tenaga Kesehatan di RSHS Bandung Terinfeksi Virus Corona

BERITABANDUNG.id - Jumlah pegawai tenaga kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang terinfeksi virus Corona (Covid-19) mengalami peningkatan dibandingkan dengan Mei lalu. Tercatat...

26 Titik Ruas Jalan di Kota Bandung Sempat Tergenang Banjir

BERITABANDUNG.id -  26 titik ruas jalan di Kota Bandung, sempat tergenang banjir, Senin (21/6/2021) sore. Banjir itu terjadi saat hujan deras disertai angin kencang...

Pemkot Bandung Sediakan Rumah Singgah Isolasi Mandiri Bagi Pasien Tanpa Gejala (OTG)

BERITABANDUNG.id - Kenaikan kasus positif Covid-19 usai libur lebaran atau Idulfitri 2021 lalu telah diprediksi. Tren peningkatan kasus positif baru Covid-19  bakal mencapai posisi...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!