Tuesday, March 9, 2021
Home Metro Bandung Sukamiskin dan Cihaurgeulis Jadi Percontohan Waste To Food

Sukamiskin dan Cihaurgeulis Jadi Percontohan Waste To Food

BERITABANDUNG.id – Sukamiskin dan Kelurahan Cihaurgeulis menjadi wilayah percontohan pengelolaan sampah menggunakan konsep waste to food di Kota Bandung. Di dua wilayah ini, sampah dapur bakal diolah menjadi pupuk, kompos basah dan kering. Lalu, pupuk atau kompos kembali lagi ke alam untuk menyuburkan tanaman.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan secara langsung dua wilayah ini sebagai percontohan waste to food, Rabu (2 Desember 2020), di Jalan Futsal III B RT 07/RW 13 Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik.

Wali kota mendukung dua wilayah ini untuk mengelola sampah menjadi hal yang berguna. “Sampah dapur diolah, jadi pupuk, kompos basah dan kering, itu kembali lagi ke alam. Pupuk itu menyuburkan kembali,” katanya.

Ia menuturkan waste to food dan Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis) yang merupakan pengembangan dari konsep mengelola sampah dengan pola Gerakan Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah (Kang Pisman).

Ia pun sangat optimis permasalahan sampah di Kota Bandung bisa teratasi apabila seluruh warga Kota Bandung melaksanakan Kang Pisman. “Saya mempunyai keyakinan apabila program Kang Pisman masif, insyaallah permasalahan sampah di Kota Bandung selesai,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Kamalia Purbani mengatakan, implementasi Kang Pisman dan waste to food di dua kelurahan merupakan tindak lanjut dari Rencana Teknis Pengelolaan Sampah (RTPS) kelurahan atau master plan kelurahan dalam pengelolaan sampah.

“Sistem yang dibangun adalah pengelolaan sampah. Dukungan pembiayaan dari pemerintah kota,” jelasnya.

Sedangkan Pegiat Kelompok Tani Pesona 13, Luki menjelaskan, implementasi program gerakan Kang PisMan dan Waste to food tak lepas dari kolaborasi warga dengan aparat kewilayahan.

Ia pun berharap program itu bisa dapat dikembangkan sehingga permasalahan di Kota Bandung khususnya di RW 03 Kelurahan Sukamiskin dapat teratasi.

“Dapat dikembangkan lebih besar dan lebih lanjut. Kalau di semua RW bergerak secara masif maka persoalan sampah beres,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Berkunjung ke Kabupaten Bandung, Ridwan Kamil Pamer Apartemen Ayam di Instagram

BERITABANDUNG.id - Di desa Cibodas, Kutawaringin, Kabupaten Bandung berdiri sebuah peternakan ayam yang canggih. Berbeda dengan peternakan ayam pada umumnya, bangunan kandang peternakan ini...

Kabid Humas Polda Jabar : Polres Majalengka Polda Jabar Bersama Satgas Covid-19 Pantau Hajatan Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

BERITABANDUNG.id - Polsek Majalengka Kota Polres Majalengka Polda Jabar bersama Tim Gugus tugas Covid 19 Kecamatan Majalengka memantau dan memberikan himbauan kepada masyarakat yang...

DPD Demokrat Jabar Ancam Polisikan Kader Palsu Dukung KLB Sumut

BERITABANDUNG.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat mengancam akan melapor ke polisi apabila ada pihak yang mengaku-ngaku kader dari Jawa Barat mendukung dan...

Sat Brimob Polda Jabar Bagikan Nasi Kotak Untuk Masyarakat Lembang

BERITABANDUNG.id - Dimasa pandemi covid-19 ini kita mengetahui bahwa perekonomian Indonesia menurun dan banyak sekali tempat-tempat kerja yang melakukan pemecatan serta toko-toko yang gulung...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!