Tuesday, January 31, 2023
Ads
Home Metro Bandung Tanam 2.018 Pohon, Pemkot Bandung Terus Hijaukan Blok Garung

Tanam 2.018 Pohon, Pemkot Bandung Terus Hijaukan Blok Garung

BERITABANDUNG.id – Memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menanam 2.018 bibit pohon di kawasan di Blok Garung (Kanhay Bike Park) Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Selasa (12 Januari 2021).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulayana turut menanam bersama dengan Satgas Citarum Harum Sektor 22 dan warga. Bibit pohon yang ditanam diantaranya albasia, karet, katapang, dan kopi.

Penanaman pohon merupakan salah satu upaya meningkatkan daerah resapan air di kawasan Bandung timur. Ini juga merupakan upaya mencegah terjadinya banjir. “Mudah-mudahan melalui peringatan ini (Hari Sejuta Pohon), bisa menjadi salah satu upaya kita mengurangi dampak lingkungan dan banjir khususnya di Kota Bandung,” ujar wakil wali kota.

“Mudah-mudahan daerah serapan air di wilayah utara bisa semakin baik,” imbuhnya.

Wakil wali kota berharap, upaya ini bisa berkelanjutan. Mengingat manfaatnya sangat besar terhadap perbaikan lingkungan.

“Insyaallah kita akan terus lakukan. Penanaman ini sudah sejak tahun lalu. Sangat banyak yang memberikan dukungan. Dinas, instansi atapun komunitas meyumbang dan menanam pohon bersama-sama. Ini menjadi langkah bersama memperbaiki lingkungan,” katanya.

Ia memastikan, Pemkot Bandung berupaya menanam pohon di sejumlah daerah. Di antaranya di kawasan Mbah Celeng, Mbah Garut dan Cisurupan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengungkapkan, penanaman pohon menjadi salah satu solusi untuk mencegah terjadinya bencana banjir di Kota Bandung.

Pohon dapat menyerap air yang mengalir dari hulu ke hilir. Sehingga air tidak meluap ke aliran sungai yang ada di Kota Bandung.

Selain itu, DPU Kota Bandung juga memanfaatkan teknologi untuk memperluas kapasitas resapan. Salah satunya melalui sumur resapan di pemukiman.

“Bahwa sudah ada pandangan yang sama antara eksekutif dan legislatif (DPRD Kota Bandung) untuk mengatasi banjir itu dengan resapan dan memarkir air,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kalahkan PSIS, Persib Kembali Kejalur Juara Liga 1

BERITABANDUNG.id - Persib Bandung melanjutkan rekor tak terkalahkan di 13 pertandingan Liga 1 2022/2023. Anak-anak asuhan Luis Milla sukses menaklukkan tuan rumah PSIS Semarang...

Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika, Wadah Inspiratif bagi Kaum Muda

BERITABANDUNG.id - Museum Konferensi Asia-Afrika atau yang bisa disebut dengan Museum KAA, merupakan gedung saksi peristiwa sejarah yaitu Konferensi Asia-Afrika yang berlangsung pada tanggal...

Keren! Kota Bandung Terbaik Soal Indeks Literasi Ekonomi Digital

BERITABANDUNG.id - Jika bicara tentang digitalisasi, warga Bandung patut bangga. Berdasarkan studi Indonesia Digital Economy Literacy Index (Indelix) 2022, Kota Bandung menjadi daerah dengan...

Ducting di Kawasan Dago 100 Persen, Selanjutnya Kawasan Jalan Riau

BERITABANDUNG.id - Program ducting atau penanaman kabel udara ke dalam tanah di kawasan Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) oleh Pemkot Bandung pada 2022 telah...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!