Sunday, October 24, 2021
Home Pendidikan Begini Aturannya, Sekolah Tatap Muka di Jabar Januari 2021

Begini Aturannya, Sekolah Tatap Muka di Jabar Januari 2021

BERITABANDUNG.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi kesiapan untuk kembali memulai gelaran sekolah tatap muka pada Januari 2021 di wilayah Jabar.

Surat edaran petunjuk pelaksanaan teknis dan SOP tentang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka pun sudah diedarkan ke dinas kabupaten kota di Jabar.

“Untuk Januari 2020 kami siap melaksanakan dan menggelar (KBM) tatap muka,” ujar Dedi.

  • Sekolah tatap muka model pembelajaran blended learning

Untuk tahap awal, penerapan pola pembelajaran masih akan mengabungkan pembelajaran campuran daring dan luring atau blended learning. KBM tatap muka pada sekolah bergilir per tingkatan kelas pada setiap pekannya.

Misalnya, untuk pekan pertama yang masuk sekolah kelas 10, pekan berikutnya kelas 11, lalu kelas 12. Keterisian kelas pun harus ada pembatasan 50 persen. Setiap satu kelas maksimal 12 hingga 18 siswa.

Dedi katakan perihal mekanisme permohonan sekolah terlebih dulu harus mengisi laman kesanggupan menggelar tatap muka untuk kemudian diperiksa.

Setelah itu, sekolah melakukan permohonan, lalu cabang dinas masing-maing kabupaten kota akan mengecek kesiapan sekolah terkait.

“Pihak pengawas yang cabang dinas tugaskan akan mengecek kesiapannya, dengan camat, kades. Jika sarananya kurang dan masih harus perbaharui maka itu kembali lagi kepada sekolah (untuk perbaiki),” katanya.

  • Izin berjenjang dan bertahap

Dedi menjelaskan, pemberian izin sekolah tatap muka secara berjenjang dan bertahap. Maka, dalam pelaksanaanya pada satu kabupaten kota misalnya, yang akan mendapat izin menggelar sekolah tatap muka hanya beberapa kecamatan, tidak seluruhnya.

“Bahkan bisa saja pada satu kabupaten hanya satu sekolah kejuruan. Rekomendasi satu wilayah. Pemberian izin ini melihat risiko, dari zonasi wilayah, mobilitas fluktuasi dan zona,” katanya.

Dedi menegaskan, KBM tatap muka akan tetap berprinsip menjamin kesehatan peserta didik, tenaga pendidikan maupun pendidik itu sendiri. Karenanya, penyelenggaraan KBM tatap muka akan tetap mempertimbangkan fluktuasi kondisi pandemi.

“Khusus untuk tahun ajaran genap Januari tahun 2021 artinya pembukaan tatap muka berprinsip terjaminnya kesehatan dan keselamatan peserta, tenaga, maupun pendidik itu sendiri. Itu tetap poin utama,” jelasnya.

“Jika kita lihat hari ini, misalnya akan melakukan tatap muka pada zona hijau kecamatan, maka hanya akan terjadi pada 49 kecamatan. Tentunya ini yang akan kita evaluasi sesuai rekomendasi satuan tugas kabupaten kota,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kota Bandung PPKM Level 2, Parade Seuhah Batagor dan Seblak Digelar di Parkir Barat Balai Kota Bandung

BERITBANDUNG.id - Sejumlah event offline kembali digelar di Kota Bandung, Jawa Barat. Event offline ini kembali diizinkan karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di...

Pocari Sweat Run Indonesia 2021

BERITABANDUNG.id - PT Amerta Indah Otsuka hari ini sukses menggelar ajang lari POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2021 secara hybrid (offline dan online) dengan protokol...

Rekomendasi Makan Soto Enak di Bandung

BERITABANDUNG.id -  Udara di Kota Bandung yang sejuk memang paling pas mencicipi kenikmatan sajian berkuah berupa soto nih. Seperti diketahui, soto jadi salah satu kuliner...

Bonus Atlet Asal Kota Bandung Peraih Medali di PON Papua Akan Diberikan Tahun Depan

BERITABANDUNG.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan bakal memberi bonus bagi para atlet peraih medali dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Hanya...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!