Friday, April 23, 2021
Home Metro Bandung Geliat Konservasi di Bantaran Sungai Cikapundung

Geliat Konservasi di Bantaran Sungai Cikapundung

BERITABANDUNG.id –┬áKomunitas Serlok Bantaran Indonesia menggagas konservasi bambu, mata air, dan ikan native di Bantaran Sungai Cikapundung yang merupakan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan bersama pihak lainnya.

“Pemkot Bandung mendukung upaya Revitalisasi Sungai Cikapudung dan Serlok Bantaran,” kata founder Serlok Bantaran Indonesia, Nusep Supriadi.

Nusep mengungkapkan, Komunitas Serlok Bantaran Indonesia berdiri dua tahun lalu. Nusep juga tergabung dalam komunitas Gejebur Tubing Adventure yang sering melakukan kegiatan “kukuyaan”. Baik Serlok Bantaran Indonesia maupun Gejebur Tubing Adventure, beranggotakan pecinta sungai.

Nusep menuturkan, Sungai Cikapundung dulunya menjadi habitat banyak ikan-ikan sungai, seperti ikan badar, nilem, kekel, beunteur, dan lalawak. Namun saat ini hampir semua jenis ikan tersebut tidak lagi hidup di Sungai Cikapundung, Kalaupun ada iklan yang hidup, merupakan ikan pendatang seperti lele yang sebetulnya predator.

Saat ini Serlok Bantaran bisa dikunjungi masyarakat. Karena pandemi Covid-19, pengunjung dibatasi.

Nusep menginginkan para pengunjung tidak hanya berwisata atau ber”selfie” saja. Dia berharap pengunjung mendapat nilai edukasi.

Selain menikmati keindahan, pengunjung bisa mendapati beragam kerajiban olahan bambu seperti sedotan bambu. Juga bisa melihat kerajibab hasil daur ulang limbah plastik.

“Awal berdirinya Serlok Bantaran, salah satunya untuk mengurangi limbah plastik, salah satunya sedotan plastik yang hanya jadi barang sekali pakai,” kata Nusep.* (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kota Bandung Resmi Terima Dua Flyover, Tahun Ini Bakal Dipercantik

BERITABANDUNG.id - Pemkot Bandung resmi menerima dua flyover, yakni di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, Kamis (22 April...

47.000 UMKM di Kota Bandung Daftar jadi Penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro

BERITABANDUNG.id - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Kota Bandung Atet Dedi Handiman mengatakan setidaknya saat ini ada 47.000 lebih UMKM...

Honorarium PHL Pemikul Jenazah TPU Segera Dibayarkan

BERITABANDUNG.id - Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Dadang Iriana menyatakan, anggaran honor bagi Pekerja Harian Lepas (PHL) pemikul jenazah di TPU Cikadut...

Ayo Ngabuburit, di Acara Pameran ‘UKM Jabar Paten’ nya Kemenkop UKM

BERITABANDUNG.id - Kementerian Koperasi dan UKM kembali menggelar pameran dan showcase dalam rangkaian kegiatan 'UKM Jabar Paten'. Sebanyak 87 produk UKM unggulan di sektor...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!