#HariPersNasional2021 : DPRD Kota Bandung Dukung Penuh Pers Berantas Hoaks

0
14
Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung, Ade Supriadi bersama Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat mengikuti Peringatan HPN 2021 secara daring, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Selasa (9/2/2021). Foto : HumasDPRDKotaBandung
Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung, Ade Supriadi bersama Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat mengikuti Peringatan HPN 2021 secara daring, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Selasa (9/2/2021). Foto : HumasDPRDKotaBandung

BERITABANDUNG.id – Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 merupakan momentum untuk menjawab tantangan zaman. Kemunculan berita bohong atau hoaks nyaris tak terbendung di tengah tsunami informasi yang dikonsumsi masyarakat era digital.

Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung, Ade Supriadi pun menaruh harap pada peran pers untuk menjadi garda terdepan dalam melawan berita bohong atau hoaks karena dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

“Kami berharap pers dapat melawan berita hoaks yang mengganggu masyarakat, terlebih tengah pandemi Covid-19 saat ini,” ucapnya, seusai Peringatan HPN 2021 secara daring, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Selasa (9/2/2021).

Menurut Ade, pers atau media massa memberikan kontribusi dalan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Pers memiliki peran yang besar dalam mencerdaskan bangsa. Dalam tugas berat kali ini, pers dituntut mampu menyajikan informasi yang akurat dan sarat edukasi untuk mempercepat pemulihan situasi dari terpaan pandemi Covid-19.

“Maka di tengah pandemi ini, pers ikut mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, dalam memutus penyebaran Covid-19,” katanya.

Di tengah pembangunan Kota Bandung, kata Ade, pers memiliki fungsi kontrol sosial karena merupakan pilar keempat demokrasi, mengiringi peran eksekutif, legislatif dan yudikatif. Dalam fungsi penting tersebut, pers ikut berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Selamat Hari Pers Nasional (HPN) ke-75, dengan bangkit dari pandemi dan pers menjadi  bagian dari perubahan yang lebih baik,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap pers dapat menjadi bagian untuk mengedukasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Dengan pers sebagai sumber informasi masyarakat, terus mengajak untuk menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup yang sehat,” ucapnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung, Hardiansyah mengimbau kepada seluruh wartawan di Kota Bandung untuk dapat mewujudkan misi organisasi melalui pemberitaan yang berimbang, berintegritas dan edukatif. Pers berperan besar dalam membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“Dengan HPN 2021 yang dilaksanakan di masa pandemi, maka kami berharap dapat memberikan kontribusi dalam mengelola demokrasi di Indonesia dan membantu pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara PWI Kota Bandung dengan Universitas Sangga Buana dan Sekolah Tinggi Agama Islam Persis Indonesia, terkait beasiswa untuk wartawan dan keluarganya. (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here