Friday, March 29, 2024
Ads
HomeMetro BandungKader PPKBD, Penyuluh KB, dan Sekolah Dapat Bantuan

Kader PPKBD, Penyuluh KB, dan Sekolah Dapat Bantuan

BERITABANDUNG.id – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial bersama dengan Ketua TP-PKK Kota Bandung, Siti Muntamah menyerahkan bantuan 18 unit sepeda motor kepada para penyuluh Keluarga Berencana (KB). Bantuan secara simbolis diserahkan di Ruang Tengah Balai Kota Bandung, Kamis (10 Desember 2020).

Pada kesempatan yang sama, diserahkan bantuan berupa 152 PPKBD Kit bagi Petugas Lapangan Kader Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah (PPKBD) serta dan 55 unit sarana penyuluhan berupa Generasi Berencana (Genre) Kit bagi para Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) “Cetar” di Kota Bandung. Bantuan lain dari Bloomberg Indonesia berupa 53 unit wastafel portable yang akan didistribusikan kepada 12 terminal, 35 Kampung KB, dan 5 Sekolah (SMPN 11, SMPN 16, SMPN 19, SMPN 37, dan SMPN 53), serta 4.300 masker bagi kader tenaga lini lapangan KB.

Wali kota menyampaikan, membangun kota membutuhkan perencanaan secara baik. Karena tanpa sebuah perencanaan yang komprehensif maka pembangunan terutama pembangunan manusianya tidak akan berjalan optimal.

“Oleh karena itu Mang Oded sangat mengapresiasi kepada OPD terkait dengan kependudukan di Kota Bandung yang telah mengelola dengan serius dalam menjadikan persoalan manusia sebagai prioritas,” katanya.

Menurutnya, benang merah dari pembangunan manusia merupakan hal yang selaras dengan visi dan misi yang diusungnya. Ia menekankan, visi pertama yakni “unggul” menunjukan titik beratnya kepada pembangunan manusia. Seluruh masyarakat di Kota Bandung dapat menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul.

“Jika SDM sudah unggul, maka Mang Oded berharap ke depan bukan hanya sekedar mampu menghadirkan ketahanan keluarga atau menjadi masyarakat yang betul betul memiliki moralitas, namun juga masyarakat yang memiliki perencaan kehidupan yang komprehensif. Nantinya dapat berkontributor pada peradaban dunia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, paradigma peradaban sebuah Kota tidak hanya berbicara terkait dengan infrastruktur, melainkan proses membangun SDM dengan serius. “Sehingga dapat menghadirkan sebuah sistem penggerak yang dapat menjalankan peran secara maksimal dan optimal,” tuturnya.

Di acara yang sama, wali kota juga menyaksikan penandatanganan MoU antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung dengan lima Sekolah yang diwakili oleh SMPN 37.

Penandatanganan ini terkait dengan Program “Pokemon” atau Pojok Kependudukan Modern. Tujuan Pokemon adalah, kolaborasi dan sinergi khusunya dalam pemberian materi mengenai kependudukan di jenjang sekolah.

Turut hadir dalam acara serah terima ini, Kepala DPPKB Kota Bandung, Andri Darusman dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar.

Most Popular

Recent Comments