Friday, July 19, 2024
Ads
HomeNasionalKeren! PIKR SMART Dayeuhluhur Ciamis Masuk 3 Nominator Percontohan Tingkat Nasional 2024

Keren! PIKR SMART Dayeuhluhur Ciamis Masuk 3 Nominator Percontohan Tingkat Nasional 2024

BERITABANDUNG.id – Masyarakat Jawa Barat, khususnya Kabupaten Ciamis wajib berbangga hati karena salah satu Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) nya, yaitu PIKR SMART Desa Dayeuhluhur, Kec. Jatinagara, Kab. Ciamis berhasil masuk 3 nominator PIKR Percontohan Nasional pada ajang Genre Award Tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna saat menyambut rombongan Tim Verifikator sekaligus Rechecking dari Direktorat Bina Ketahanan Remaja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Dithanrem BKKBN), bertempat di Aula Ardi Baya, Desa Dayeuhluhur, Selasa, (04/06/2024).

“Saya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas terpilihnya PIK Remaja SMART Dayeuhluhur, masuk nominasi 3 besar PIKR Percontohan Tingkat Nasional”, sambutnya.

Pada kesempatan tersebut juga Engkus mengingatkan semua yang hadir, bahwa PIK Remaja ini menjadi salah satu kegiatan yang berperan penting dalam mendukung percepatan penurunan stunting, khususnya di Kabupaten Ciamis.

“Karena semua remaja yang tergabung dalam PIK Remaja akan mendapatkan peningkatan pengetahuan tentang edukasi gizi dan pencegahan anemia yang akan sangat bermanfaat untuk mencegah kelahiran bayi stunting, kelak ketika mereka menikah nantinya”, tambah Engkus.

Berdasarkan evaluasi, diskusi dan hasil pengamatan Tim Verifikator yang diketuai oleh Pryanti, selaku Analis kebijakan Ahli Madya BKKBN RI, dirinya merasa terkejut karena PIKR SMART ini merupakan PIKR berbasis masyarakat, bisa masuk nominasi 3 besar dan bersaing dengan 21.100 Poktan PIKR yang ada di seluruh Indonesia. Sekaligus menjadi yang terbaik dari 3.300 PIKR yang ada di Jawa Barat.

“PIKR SMART ini keren banget. Karena memang kita lihat kolaborasi di antara para mitranya sudah klop antara dokumen yang dikirimkan ke kami, dengan bukti dan testimoninya di lapangan”, ucapnya.

Lebih lanjut Pryanti juga mengapresiasi PIKR SMART yang sudah bisa mengimplementasikan 2 modul. Yaitu modul Tentang Kita dan Modul Upgrade Tentang Kita.

“Bahkan yang bisa mengimplementasikan tidak sebatas di kalangan pengurus intinya saja, tapi sampai dengan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya (PSKS) nya juga sudah fasih mengimplementasikan”, lanjut Pryanti.

Yang tidak kalah penting, PIKR yang sudah berumur lebih dari satu dekade, tepatnya dari tahun 2012, ini juga kiprahnya telah banyak dirasakan oleh masyarakat melalui berbagai Inovasi yang mereka kembangkan. Diantaranya Randu Jahat (Rajin datang ke posyandu remaja menjadi sehat), Lamber (Budidaya Ikan Lele dalam Ember), Market SMART, Mini Garden, Poksi SMART (Pojok Literasi SMART), Budidaya Ikan Sistem Biofloc, Kemeja Galing (KIE Remaja dengan Games Konseling) dan Kartu SMART Genre.

Pj. Bupati Ciamis berharap pada Genre Award tahun ini, PIKR SMART bisa meraih hasil terbaik di tingkat nasional dan menjadi percontohan bagi PIKR lainnya di Kabupaten Ciamis.

“Tak salah kiranya, jika saya sebagai Penjabat Bupati berharap agar PIKR SMART ini bisa menjadi juara satu tingkat nasional”, tandasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis yang juga merupakan Bunda Genre Kabupaten Ciamis, Yulia Sari Sutisna, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Fazar Supriadi Sentosa, Kepala DP2KBP3A Kab. Ciamis, Dian Budiyana, serta seluruh mitra dan stakeholder di Desa Dayeuhluhur dan Kecamatan Jatinagara.

Most Popular

Recent Comments