Tuesday, July 27, 2021
Home Nasional Liga 1 2021-2022 Dipastikan Tanpa Penonton di Stadion Sepanjang Musim

Liga 1 2021-2022 Dipastikan Tanpa Penonton di Stadion Sepanjang Musim

BERITABANDUNG.id – Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Sudjarno memastikan jika gelaran musim baru Liga 1 dan Liga 2 nanti akan berlangsung tanpa penonton di stadion sepanjang musim.

“Tidak ada penonton di stadion sepanjang musim ini. Itu karena mempertimbangkan situasi pandemi COVID-19 di negara kita yang kasusnya masih tinggi,” papar Sudjarno seperti dimuat Antara, Kamis (17/6/2021).

PT LIB menilai, pria berusia 59 tahun itu melanjutkan, Indonesia masih belum siap untuk memfasilitasi kehadiran penonton di dalam stadion saat pandemi COVID-19.

Salah satu permasalahannya adalah persoalan infrastruktur. Sudjarno mengingatkan masih banyak stadion di Indonesia, yang dipakai di liga, belum menggunakan kursi tunggal (single seat).

Kalau pun stadion tersebut memiliki kursi tunggal, masih ada juga yang belum memiliki penomoran baris.

Hal-hal tersebut dinilai menyulitkan untuk menerapkan regulasi pembatasan jarak fisik (physical distancing) antarpenonton.

Itu belum lagi menyinggung soal pengaturan pembelian tiket secara daring dan pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19.

“Jadi, musim 2021-2022 akan kami manfaatkan untuk mengkaji soal penonton tersebut sambil menyiapkan semuanya, termasuk infrastruktur. Kalau itu sudah dilakukan, Insyaallah pada musim 2022-2023 penonton dapat datang ke stadion,” kata Sudjarno.

Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Sudjarno. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Liga 1 2021-2022 rencananya kan bergulir mulai 10 Juli 2021 sampai Maret 2022.

Kompetisi itu berlangsung dengan format liga penuh, tetapi dengan sistem seri. Ada enam seri yang akan dilaksanakan di tiga klaster daerah di Pulau Jawa.

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga Jawa Timur.

Sementara itu, Liga 2 2021 rencananya digelar pada akhir Juli sampai Desember tahun ini.

Kompetisi ini diproyeksikan berlangsung dalam format turnamen, di mana 24 tim peserta akan melalui fase penyisihan grup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Oded Masih Dirawat, Yana Siap Apabila Ditunjuk Jadi Plh Wali Kota Bandung

BERITABANDUNG.id - Wali Kota Bandung Oded M Danial masih menjalani perawatan medis secara intensif di Rumah Sakit Kebonjati, Kota Bandung. Wakil Wali Kota Bandung Yana...

Kasus Aktif Covid-19 di Bandung Lampaui Angka 8 Ribu

BERITABANDUNG.id - Kasus aktif Covid-19 di Kota Bandung menembus angka 8.000 orang berdasarkan data Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov) yang diakses di laman covid19.bandung.go.id, yaitu...

Kolaborasi ICMI Orwil Jawa Barat dan Aksi Cepat Tanggap (ACT)

BERITABANDUNG.id - Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia ( ICMI ) Orwil Jawa Barat Salurkan Daging Qurban dan 1 Ton Beras...

Yuk Lindungi Anak di Masa Pandemi Covid-19

BERITABANDUNG.id - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung, Rita Verita mengungkapkan, perlindungan anak di masa pandemi Covid-19 sangatlah penting. Pasalnya,...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!