Saturday, April 17, 2021
Home Headline Sat Brimob Polda Jabar Siapkan Regu Siaga Tanggap Bencana,Antisipasi Rawan Bencana Alam

Sat Brimob Polda Jabar Siapkan Regu Siaga Tanggap Bencana,Antisipasi Rawan Bencana Alam

Sebanyak 1 SSR anggota kompi 3 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar yang dipimpin oleh Danton 3 melaksanakan Siaga SAR di Posko SAR Mako Batalyon B Pelopor Cipanas untuk mengantisipasi terjadinya Bencana Alam yang tidak terduga, Senin (10/8/2020).

Adapun kegiatan rutin Regu Siaga SAR harian antara lain mengecek peralatan maupun perlengkapan SAR seperti pengecekan Chain Saw, Peralatan Vertical Rescue maupun Water Rescue dan Kendaraan yang digunakan saat operasional, serta untuk memastikan peralatan SAR agar siap digunakan pada saat operasional dan dapat berfungsi dengan baik.

Diwilayah Polda Jabar khususnya di daerah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bogor maupun Kota Bogor akhir-akhir ini sering menghadapi curah hujan yang tidak menentu, kadang sedang dan curah hujan kadang cukup tinggi mengguyur di beberapa Kabupaten dan Kota tersebut, tentu saja ini perlu diketahui, bahwa daerah tersebut rawan terjadinya bencana alam.

Mengingat daerah Zona Back Up Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar ada di daerah pegunungan yang banyak pohon-pohon besar, sehingga rawan tumbang serta tebing-tebing curam yang mengakibatkan mudah longsor, dikhawatirkan dampak yang di timbulkan dari hujan dengan intensitas tinggi tersebut akan memicu terjadi nya tanah longsor, pohon tumbang dan banjir di sebagian wilayah yang bisa berdampak luas.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K, menyampaikan “Unit SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar selalu disiagakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana yang tidak terduga baik berupa banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya yang kemungkinan terjadi di wilayah Jawa Barat.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di Wilayah Cianjur dan sekitarnya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob Polda Jabar dengan masyarakat, dan tentu kegiatan ini bertujuan agar anggota Brimob Polda Jabar selalu siap dalam membantu masyarakat bila dibutuhkan kapanpun dan dimanapun″ tutupnya.

Mencermati kondisi diatas, oleh karna itu tim SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jabar melaksanakan siaga SAR untuk menghadapi bencana dan memastikan kesiapan personil apabila sewaktu waktu terjadi bencana, anggota sudah siap di gerakan dengan cepat.

Diharapkan dengan adanya Regu Siaga SAR ini masyarakat menjadi paham maksud dan tujuan Anggota Sat Brimob Polda Jabar, tentu selain menjadi Regu Tanggap Bencana, Regu SAR Brimob juga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Memasuki Awal Ramadan, Stok Darah PMI Kota Bandung Kosong

BERITABANDUNG.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Jawa Barat tidak memiliki stok darah saat memasuki awal bulan Ramadan 2021. Hal itu dipicu karena...

Yayasan Taruna Bakti Senang dapat Mensuport Pemerintah Mempercepat Proses Vaksinasi Covid 19

BERITABANDUNG.id - Seluruh Guru dan Pengajar di Kota Bandung sangat merindukan untuk dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar Tatap Muka, untuk itu PGRI Kecamatan Bandung...

Mengisi Bulan Suci Ramadhan 1442 H ICMI Jabar Akan Mengadakan Berbagai Kegiatan Dengan Tema “Sumbangsih ICMI bagi Negeri”

BERITABANDUNG.id - Dalam rangka mengisi Bulan Suci Ramadhan 1442 dan dan mencermati Isu – Isu Nasional, Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia ( ICMI ) Orwil...

ngatkan ASN Jangan Mudik, Ridwan Kamil: Sanksi Sudah Disiapkan Bagi yang Melanggar

BERITABANDUNG.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar mudik pada Idulfitri 2021. Larangan mudik tersebut...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!