Wednesday, February 1, 2023
Ads
Home Hot Isu Studi: Selain di Maker, Jaga Jarak Bisa Jadi Cara Agar Tetap Terlindungi...

Studi: Selain di Maker, Jaga Jarak Bisa Jadi Cara Agar Tetap Terlindungi Covid 19

BERITABANDUNG.id  – Masker memang menjadi salah satu pelindung utama selama pandemi. Sayangnya masker jika tidak disandingkan dengan upaya pencegahan lain  bisa kurang efektif.

Melansir dari Healthshots, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physics of Fluids menunjukkan bahwa pemakaian masker tanpa menjaga jarak tetap bisa kurang efektif.

Dalam hal ini, para peneliti menguji bagaimana lima jenis bahan masker memengaruhi penyebaran tetesan yang membawa virus corona saat batuk atau bersin.

Setiap bahan yang diuji secara dramatis mengurangi jumlah tetesan yang menyebar. Tetapi pada jarak kurang dari 6 kaki atau dua meter, tetesan napas masih bisa menyebar ke sekitarnya.

“Masker pasti membantu, tetapi jika orang-orang sangat dekat satu sama lain, masih ada kemungkinan menyebarkan atau tertular virus,” kata Krishna Kota, seorang profesor di Universitas Negeri New Mexico yang merupakan salah satu penulis penelitian.

“Bukan hanya masker yang akan membantu. Namun perlu kolaborasi antara masker dan jarak,” imbuhnya.

Pada penelitian ini, para peneliti membuat mesin yang menggunakan generator udara untuk meniru batuk dan bersin manusia.

Generator itu digunakan untuk meniup partikel cairan kecil, seperti tetesan bersin dan batuk di udara. Kemudian tetesan partikel cairan dari generator dihalau dengan masker kain biasa, masker kain dua lapis, masker kain dua lapis basah, masker bedah, dan medis N-95.

Masing-masing masker mampu sebagian besar tetesan. Tetapi pada jarak kurang dari 6 kaki atau dua meter, tetesan bisa menyebar terutama jika seseorang dengan covid-19 yang bersin atau batuk beberapa kali.

Sumber : Suara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

ICU Rumah Sakit Bandung Kiwari Kebakaran

BERITABANDUNG.id - Ruang intensive care unit (ICU) Rumah Sakit Bandung Kiwari di Jalan Wahid Hasyim (Kopo), Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/2/2023) pagi kebakaran,...

Ramai Isu Penculikan Anak, Disdik Kota Bandung Pastikan Beri Perhatian Khusus

BERITABANDUNG.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada terkait maraknya isu penculikan anak. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung,...

Kalahkan PSIS, Persib Kembali Kejalur Juara Liga 1

BERITABANDUNG.id - Persib Bandung melanjutkan rekor tak terkalahkan di 13 pertandingan Liga 1 2022/2023. Anak-anak asuhan Luis Milla sukses menaklukkan tuan rumah PSIS Semarang...

Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika, Wadah Inspiratif bagi Kaum Muda

BERITABANDUNG.id - Museum Konferensi Asia-Afrika atau yang bisa disebut dengan Museum KAA, merupakan gedung saksi peristiwa sejarah yaitu Konferensi Asia-Afrika yang berlangsung pada tanggal...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!