Friday, August 6, 2021
Home Hot Isu Studi: Selain di Maker, Jaga Jarak Bisa Jadi Cara Agar Tetap Terlindungi...

Studi: Selain di Maker, Jaga Jarak Bisa Jadi Cara Agar Tetap Terlindungi Covid 19

BERITABANDUNG.id  – Masker memang menjadi salah satu pelindung utama selama pandemi. Sayangnya masker jika tidak disandingkan dengan upaya pencegahan lain  bisa kurang efektif.

Melansir dari Healthshots, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physics of Fluids menunjukkan bahwa pemakaian masker tanpa menjaga jarak tetap bisa kurang efektif.

Dalam hal ini, para peneliti menguji bagaimana lima jenis bahan masker memengaruhi penyebaran tetesan yang membawa virus corona saat batuk atau bersin.

Setiap bahan yang diuji secara dramatis mengurangi jumlah tetesan yang menyebar. Tetapi pada jarak kurang dari 6 kaki atau dua meter, tetesan napas masih bisa menyebar ke sekitarnya.

“Masker pasti membantu, tetapi jika orang-orang sangat dekat satu sama lain, masih ada kemungkinan menyebarkan atau tertular virus,” kata Krishna Kota, seorang profesor di Universitas Negeri New Mexico yang merupakan salah satu penulis penelitian.

“Bukan hanya masker yang akan membantu. Namun perlu kolaborasi antara masker dan jarak,” imbuhnya.

Pada penelitian ini, para peneliti membuat mesin yang menggunakan generator udara untuk meniru batuk dan bersin manusia.

Generator itu digunakan untuk meniup partikel cairan kecil, seperti tetesan bersin dan batuk di udara. Kemudian tetesan partikel cairan dari generator dihalau dengan masker kain biasa, masker kain dua lapis, masker kain dua lapis basah, masker bedah, dan medis N-95.

Masing-masing masker mampu sebagian besar tetesan. Tetapi pada jarak kurang dari 6 kaki atau dua meter, tetesan bisa menyebar terutama jika seseorang dengan covid-19 yang bersin atau batuk beberapa kali.

Sumber : Suara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dukung Ridwansyah Yusuf, Damas Luncurkan Lagu Nonoman Digjaya

BERITABANDUNG.id - Aktivis dan seniman kampus yang tergabung dalam Daya Mahasiswa Sunda (Damas) mendeklarasikan dukungan kepada Ridwansyah Yusuf Achmad untuk menjadi ketua Komite Nasional...

Persib Bandung Galang Donasi Amal Untuk Terdampak Covid-19 Lewat Cara Modern, Kini Sudah Tembus Rp1,5 Miliar

BERITABANDUNG.id - Maung Bandung menggalang dana untuk mengurangi dampak Covid-19 di masyarakat melalui platform online. Persib Bandung turut bersimpati dengan situasi ekonomi dan sosial yang...

Ekonomi Terpuruk, Mang Oded Berharap PPKM tak Diperpanjang

BERITABANDUNG.id - Wali Kota Bandung, Oded M Danial berharap pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang berakhir pada 9 Agustus 2021 nanti tidak...

Istri Ketua AKAR Kaget Suaminya Lakukan Aksi Bunuh Diri di Balaikota Bandung

BERITABANDUNG.id - Ketua Harian Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) Gan Bonddilie atau GB melakukan aksi percobaan bunuh diri di pintu masuk Balai Kota Bandung...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!