Saturday, July 20, 2024
Ads
HomeKabar KBBTerdampak COVID-19, Wisata di Kabupaten Bandung Barat Babak Belur

Terdampak COVID-19, Wisata di Kabupaten Bandung Barat Babak Belur

BERITABANDUNG.id – Angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung Barat (KBB) selama tahun 2020 terjun bebas tidak mencapai target. Pasalnya bisnis wisata sangat terseok-seok akibat dihantam badai pandemi COVID-19 yang hingga kini masih berlangsung.

“Awalnya kita menargetkan angka kunjungan wisatawan di 2020 sebanyak 7 juta orang naik dari tahun sebelumnya yang hanya 6 juta. Tapi akibat COVID-19 , realisasi hingga akhir tahun kemarin hanya 4 juta-an,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), KBB, Sri Dustirawati, Sabtu (23/1/2021).

Sri menyebutkan, anjloknya angka kunjungan yang sampai 40% itu karena selama pandemi COVID-19 ada kebijakan PSBB dan penutupan tempat wisata. Selain itu minat orang untuk berwisata juga menurun akibat kondisi ekonomi yang kurang mendukung. Sehingga meski objek wisata telah kembali beroperasi tapi angka kunjungan masih minim.

Padahal, lanjut Sri, KBB khususnya Lembang, merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Namun semuanya menjadi tidak berdaya ketika pemerintah menerapkan kebijakan karantina wilayah dan pembatasan pergerakan orang antar daerah.

Terlebih pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kunjungan hanya sekitar 20% dari carrying capacity yang diperbolehkan 50%. Otomatis itu berdampak pada pendapatan para pengelola wisata yang menurun drastis. Sementara di satu sisi, operasional bertambah akibat harus menerapkan protokol kesehatan. “Roda ekonomi masyarakat juga jadi terdampak, seperti yang bekerja di sektor wisata, pelaku seni, dan warga lainnya yang mengandalkan perekonomian dari sektor wisata. Jumlahnya ada sekitar 5.000-an orang,” sebutnya.

Kabid Pariwisata, Disparbud KBB, David Oot menambahkan, angka wisatawan yang tercatat selama 2020 adalah mereka yang berkunjung ke-78 destinasi wisata. Tersebar di Kecamatan Cisarua, Lembang, Parongpong, Padalarang, Cipatat, Cililin, Rongga, Gununghalu, Saguling, Cikalongwetan, Batujajar, dan Cipeundeuy.

“Paling banyak destinasi wisata di Lembang ada 43 tempat. Untuk total kunjungan wisatawan selama setahun ke KBB ada 4.088.811, terdiri dari 4.064.126 wisatawan nusantara dan 24.684 dari mancanegara,” ujarnya. (Red)

SourceSINDO

Most Popular

Recent Comments