Friday, August 12, 2022
Ads
Home Metro Bandung Waspada! Potensi Bencana Hidrometeorologi di Kota Bandung Sepekan ke Depan

Waspada! Potensi Bencana Hidrometeorologi di Kota Bandung Sepekan ke Depan

BERITABANDUNG.id – BMKG mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan ringan hingga lebat selama tujuh hari ke depan di Kota Bandung. Potensi tersebut menyusul setelah terjadinya banjir di beberapa titik Kota Bandung.

“Waspada potensi hujan disertai kilat dan angin kencang tujuh hari ke depan. Masih ada potensi hujan di Bandung. Di siang hingga malam,” ujar Kepala BMKG Kelas I Bandung Tony Agus Wijaya kepada media, Jumat 25/12/2020).

Lebih lanjut, beberapa daerah yang diprediksi turut berpotensi hujan di sertai kilat/petir dan angin kencang diantaranya wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Cianjur, Sukabumi, Subang, Purwakarta, Indramayu, Pangandaran, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar pada siang, sore hingga malam hari selama tujuh hari ke depan.

Tony mengatakan, hujan deras yang diprediksi terjadi selama tujuh hari ke depan juga berpeluang besar terhadap bencana banjir. “Potensi banjir masih ada, jika terjadi hujan lebat dan sungai meluap. Karena saat ini musim hujan dan Januari adalah puncak musim hujan,” katanya.

Selain banjir, potensi bencana longsor juga bisa saja terjadi. “Saat hujan lebat, Ada potensi longsor di daerah lereng pegunungan, umumnya di bagian Selatan Jawa Barat,” tambah Tony.

Berdasarkan prakiraan tersebut, BMKG mengimbau pihak-pihak terkait di Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, ataupun masyarakat yang tinggal di daerah yang berpotensi mendapatkan curah hujan tinggi hingga sangat tinggi, agar mewaspadai adanya ancaman bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir, longsor dan banjir bandang, serta diminta terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini dari BMKG.

Tony pun menyarankan langkah mitigasi yang bisa dilakukan. “Antisipasi musim hujan, dengan membersihkan saluran air, sungai. Masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Mencegah longsor dengan penghijauan, mengecek gejala awal longsor, misal retakan tanah di lereng dan lainnya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Wali Kota Bandung: Perda RTRW 2022-2042 Bermanfaat Bagi Masyarakat dan Pembangunan

BERITABANDUNG.id - Hal itu disampaikan saat membuka Sosialisasi Raperda Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bandung Tahun 2022-2042 di Grandia Hotel, Jalan Cihampelas...

Puluhan para Ketua PKBM Se-Kota Bandung ikuti kegiatan Orientasi Kepramukaan Mabigus Kota Bandung

BERITABANDUNG.ID – Bandung – Puluhan para ketua PKBM Se Kota Bandung ikuti kegiatan sosialisasi dan Orientasi Kepramukaan Mabigus Kota Bandung pada Rabu tanggal 10...

Pemkot Bandung dan Kementerian PUPR Bakal Bangun Rusun Cisaranten

BERITABANDUNG.id - Nantinya, Rusun Cisaranten Bina Harapan bakal menghadirkan 1.900 unit dengan sasaran Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Terkait kerja sama ini, Wali Kota Bandung Yana...

Kalah Telak dari Borneo FC, Persib Lanjutkan Tren Negatif dan Berada di Zona Merah Liga 1

BERITABANDUNG.id - Persib Bandung kembali hasil kurang maksimal dalam lanjutan Liga 1 musim ini saat bertandang ke Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur untuk menghadapi Borneo FC pada Minggu (7/8/2022). Pada...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!