BERITABANDUNG.id – Petugas menyiapkan delapan lokasi penyekatan pemudik di Kota Bandung. Lokasinya menyebar ke perbatasan kota-kabupaten.

Aktivitas di lokasi penyekatan itu beroperasi mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021. “Penyekatan ada delapan titik, lima di gate tol, tiga di no gate tol seperti Cibiru, Ledeng dan Cibereum,” kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Kamis (29/4/2021).

Larangan mudik ini sesuai imbauan Presiden Joko Widodo. Pemkot Bandung menjalankan kebijakan pemerintah pusat berkaitan Lebaran 2021 di tengah pandemi Corona.

“Larangan mudik sesuatu larangan yang sudah final, kita jajaran di lapangan harus mengamankan yang sudah jadi garis di kebijakan pemerintah pusat, khususnya pak presiden,” ujarnya.

“Pola penyekatan sangat luar biasa, sangat ketat. Beberapa check point, kita gelar. Ada lima gate tol mulai Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Buahbatu dan Moh Toha kemudian non gate, termasuk kantor polsek dan koramil jadi Pos Pam jaga keamanan di Kota Bandung,” tutur Ema menambahkan.

Sebanyak 400 personel gabungan terdiri TNI Polri, Dishub, Satpol PP dan OPD lainnya bersiaga 24 jam di area check point. Mereka dibagi tiga sif, tiap titik check point melibatkan 44 orang.

Ema menjelaskan warga bisa melakukan perjalanan ke wilayah di luar aglomerasi asalkan ada alasan dan bukti kuat. “Ada alasan yang urgent, seperti yang meninggal dunia dengan fakta yang benar, jangan tipu-tipu. Di luar aglomerasi tidak boleh,” ucap Ema.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here