Monday, June 21, 2021
Home Kabar KBB Jelang Libur Panjang Akhir Tahun, Bandung Barat Kembali ke Zona Orange

Jelang Libur Panjang Akhir Tahun, Bandung Barat Kembali ke Zona Orange

BERITABANDUNG.id – Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali ke zona orange penyebaran COVID-19 dari sebelumnya berada di zona merah.

Kendari demikian, zona orange tersebut bukan berarti menurunkan kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19 mengingat hasil evaluasi Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Jawa Barat, KBB masih ada di level kewaspadaan tingkat tinggi.

“Hasil evaluasi mingguan Satgas Penanggulangan COVID-19 Jabar, kita kembali ke zona oranye tapi level kewaspadaan tinggi,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjajanto.

Hal tersebut lantaran penambahan kasus COVID-19 di KBB sendiri terus melonjak. Berdasarkan catatan Dinkes KBB, kasus COVID-19 di KBB menyentuh angka 1246 orang.

Rinciannya 397 orang positif aktif atau bertambah 15, lalu 818 orang dinyatakan sembuh atau ada penambahan 20 orang, serta 27 orang meninggal dunia.

“Untuk penambahan setiap hari selalu ada, hanya saja berimbang antara yang positif dengan yang sembuh. Rata-rata per hari ada yang positif sampai 20 dan yang sembuh bisa lebih dari 20,” terangnya.

Sementara hingga saat ini, Hernawan memastikan ketersediaan ruang isolasi khusus COVID-19 di sejumlah rumah sakit rujukan aman meskipun sebelumnya sempat ada pasien positif yang masuk daftar tunggu.

“Untuk saat ini ada, karena sebetulnya lonjakan kasus itu kan fluktuatif. Bisa saja minggu depan kekurangan lagi, tapi kita terus berupaya memberikan pelayanan terbaik,” bebernya.

Penambahan kasus COVID-19 di KBB sendiri didominasi oleh klaster keluarga dan pelaku perjalanan luar daerah. Untuk itu pihaknya meminta agar masyarakat menahan diri berpergian jika tidak mendesak.

“Catatan kita libur panjang itu menyumbang 10 persen penambahan kasus. Libur panjang akhir tahun pun kita prediksi akan ada peningkatan lagi. Kita minta masyarakat menahan diri untuk berpergian dulu,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Petugas Gabungan Putar Balik 500 Kendaraan Wisatawan di Perbatasan Garut-Bandung

BERITABANDUNG.id - Upaya menekan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Garut, petugas gabungan putar balik 500 kendaraan wisatawan di perbatasan Bandung-Garut, Minggu (20/6/2021). Petugas gabungan dari...

Ketua Pemuda Pancasila Jabar H. Tubagus Dasep Meninggal Dunia

BERITABANDUNG.id - Ketua MPW Pemuda Pancasila Jabar Tubagus  Dasep menghembuskan nafas terakhirnya, Minggu 20 Juni 2021. Kabar duka tersebut disampaikan anak yang juga aktivis kepemudaan...

Keterisian Tempat Tidur Ruang Isolasi RS Covid-19 di Kota Bandung Sentuh 92 Persen

BERITABANDUNG.id - Keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di ruang isolasi bagi pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit di Kota Bandung terus...

Tekan Lonjakan Kasus Covid-19, Polisi di Bandung Bubarkan Kerumunan Warga

BERITABANDUNG.id - Polrestabes Bandung mulai gencar mengawasi dan melakukan pembubaran kerumunan warga di pusat Kota Bandung untuk menekan angka kasus Covid-19 yang kini sedang melonjak. Kapolrestabes...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!