Tuesday, January 31, 2023
Ads
Home Citizen Jurnalis Monyet Berkeliaran di Kota Bandung, BMKG: Belum Bisa Dikaitkan dengan Potensi Bencana

Monyet Berkeliaran di Kota Bandung, BMKG: Belum Bisa Dikaitkan dengan Potensi Bencana

BERITABANDUNG.id – Sejumlah kawanan monyet dilaporkan berkeliaran ke beberapa pemukiman di Kota Bandung. Beberapa waktu lalu kawanan primata itu terlihat dibeberapa kawasan seperti Kiaracondong, Antapani, hingga Dago.

Sejumlah pihak kemudian mengait-ngaitkan kejadian itu dengan potensi bencana alam.

Menanggapinya, Staf Observasi Gempa Bumi BMKG Kota Bandung, Ajeng Marina Utamie mengatakan, kejadian tersebut belum bisa dikaitkan dengan potensi bencana.

Menurutnya, hingga hari ini, belum ada gerakan sesmik di Sesar Lembang yang berdampak pada potensi kebencanaan, khususnya di Kota Bandung. “Jadi belum bisa dikaitkan (fenomena monyet turun ke kota) dengan potensi bencana di Kota Bandung,” ujarnya dalam Bandung menjawab, Rabu (30/11).

Sebab itu, ia pun mengimbau masyarakat tidak panik. BMKG akan selalu memberikan informasi terbaru agar penanganan bencana di Kota Bandung dapat dilakukan secara maksimal.

Pernyataan serupa disampaikan Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, Yusuf Hidayat. Dikatakannya, Diskar PB akan selalu melayani masyarakat jika ada hewan liar yang masuk ke permukiman warga apalagi sampai mengganggu ketentraman warga.

Sepanjang 2022, Diskar PB telah menangani lebih dari 900 kasus penyelamatan (rescue). Hal ini tidak hanya berlaku untuk monyet saja, namun berlaku pula pada berbagai hewan lainnya.

Sementara itu, ihwal penanganan kawanan monyet yang masuk ke permukiman warga, Yusuf mengaku terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya Balai Besar Konversi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

“Evakuasi belum bisa kami lakukan karena monyet-monyet ini berpindah lokasi. Kami mendapat laporan di kawasan Puri Dago, Kiaracondong, belum lama ini di kawasan Dago,” ungkapnya.

“Namun dari hasil identifikasi, yang kami lihat, monyet yang ditemukan di berbagai lokasi ini tampaknya jenis yang sama. Sehingga diduga sebenarnya monyet ini berpindah-pindah,” imbuhnya.

Karenanya, Yusuf juga mengimbau agar masyarakat tak panik. Jika melihat hewan yang tidak bersahabat, hindari kontak fisik. “Jangan buat hewan tersebut stres sehingga menjadi buas,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kalahkan PSIS, Persib Kembali Kejalur Juara Liga 1

BERITABANDUNG.id - Persib Bandung melanjutkan rekor tak terkalahkan di 13 pertandingan Liga 1 2022/2023. Anak-anak asuhan Luis Milla sukses menaklukkan tuan rumah PSIS Semarang...

Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika, Wadah Inspiratif bagi Kaum Muda

BERITABANDUNG.id - Museum Konferensi Asia-Afrika atau yang bisa disebut dengan Museum KAA, merupakan gedung saksi peristiwa sejarah yaitu Konferensi Asia-Afrika yang berlangsung pada tanggal...

Keren! Kota Bandung Terbaik Soal Indeks Literasi Ekonomi Digital

BERITABANDUNG.id - Jika bicara tentang digitalisasi, warga Bandung patut bangga. Berdasarkan studi Indonesia Digital Economy Literacy Index (Indelix) 2022, Kota Bandung menjadi daerah dengan...

Ducting di Kawasan Dago 100 Persen, Selanjutnya Kawasan Jalan Riau

BERITABANDUNG.id - Program ducting atau penanaman kabel udara ke dalam tanah di kawasan Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) oleh Pemkot Bandung pada 2022 telah...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!