BeritaBandung.id
BeritaBandung.id

BERITABANDUNG.id – Pemerintah pusat memperbolehkan mal di Kota Bandung untuk uji coba beroperasi kembali pada penerapan PPKM Level 4. Pemkot Bandung kini mulai melakukan persiapan pembukaan kembali mal.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkot Bandung Elly Wasliah mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi terlebih dahulu dengan Sekda Bandung, Ema Sumarna. Maka dari itu, belum dapat diungkapkan secara rinci soal teknis operasional mal.

Namun, kata Elly, pihaknya bakal menyiapkan dua atau tiga mal untuk diuji coba. Nantinya, terkait syarat vaksinasi, pihaknya akan coba menyiapkan posko khusus vaksin di mal guna melakukan vaksinasi bagi pengunjung yang belum divaksin. Diharapkan, vaksinasi di mal juga bakal mempercepat terbentuknya herd immunity.

“Nanti kita akan menyiapkan beberapa mal dua atau tiga mal untuk pengunjung, vaksin itu kan sudah harga mati ya harus wajib ya, kita akan bekerja sama untuk menyediakan pos khusus di tiga mal untuk pengunjung yang belum divaksin, nanti akan divaksin di tempat,” kata dia ketika dikonfirmasi, Selasa (10/8/2021).

Elly menambahkan, vaksinasi di mal tak akan ditujukan bagi warga Kota Bandung saja. Dia belum merinci mal yang akan diuji coba dan jenis vaksin yang akan disuntikkan ke para pengunjung mal.

“Mungkin dua atau tiga mal-lah dulu, kalau di kota kan semua mal ada 23 di Kota Bandung, ya. Nah, kalau saya mungkin uji coba paling banyak tiga mal dan paling sedikit dua mal,” ucap dia.

Selain soal vaksinasi, lanjut Elly, pihaknya menyiapkan aturan larangan anak-anak dan lansia memasuki mal, kapasitas mal, hingga waktu operasional mal. Kemungkinan, mal di Kota Bandung akan mulai dibuka pada Rabu (11/9/2021). Aturan lebih rinci soal operasional mal akan diatur melalui Peraturan Wali Kota.

“Jadi saya sudah sampaikan ke Ketua APPBI, saya sampaikan saran mereka siap-siap dulu aja, internal dulu lah di manajemen malnya,” tutur Elly.

“Intinya, lebih teknisnya nanti nunggu Perwal,” pungkas dia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here