Wednesday, February 1, 2023
Ads
Home Regional Jabar Polda Jabar Akan Cari Artis-Model Lain yang Terjaring Prostitusi Online

Polda Jabar Akan Cari Artis-Model Lain yang Terjaring Prostitusi Online

BERITABANDUNG.id – Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) akan mendalami prostitusi online yang melibatkan artis atau model. Hal ini dilakukan pasca pengungkapan prostitusi online yang dilakukan artis TA, Kamis (17/11) lalu.
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago menjelaskan, bahwa kami akan melakukan pengembangan kasus ini.
“Ke depan akan kita kembangkan jaringan dari yang sudah kita amankan ini. Akan kita dalami, jadi mereka terkait prostitusi online muncikari sedang kita dalami, bagaimana hubungan jaringan itu, makanya kita sita hpnya. Siapa saja yang jadi korban dan akan kita datangkan, kita dalami juga,” jelas Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago, saat dihubungi Sabtu (19/12).
Erdi menuturkan, jaringan prostitusi ini merupakan jaringan yang besar. Para muncikari telah beraksi memperdagangkan wanita selama 4 tahun.
“Mereka sudah lama ya, mereka sudah melakukan kegiatan ini sejak tahun 2016,” paparnya.
Kabid Humas menduga, jaringan mereka ini luas.
“Mereka sudah lakukan kegiatan ini dan dalam empat tahun sudah punya jaringan yang luas, sehingga akan kami ungkap,” paparnya.
Selain mengamankan TA, polisi turut mengamankan 3 orang yang diduga sebagai muncikari. Ketiga muncikari tersebut berinisial RJ laki-laki (44) yang berdomisili di Jakarta, lalu AH laki-laki (40) berdomisili di Medan dan MR perempuan (34) berdomisili di Bogor.
“Ada kaitannya (kasus prostitusi di Jawa Timur), mereka punya jaringan seluruh Indonesia, sehingga jaringannya ada kaitan dari daerah dan ke daerah,” terangnya.
Erdi menjelaskan, ketiga muncikari memiliki peran yang berbeda-beda. MR berperan menyediakan wanita-wanita yang berprofesi sebagai artis, selebgram dan model profesional dari berbagai macam domisili di Pulau Jawa dan Sumatera.
Lalu RJ dan AH memperdagangkan wanita-wanita yang berprofesi sebagai model, selebgram, pegawai swasta, hingga artis pada situs inisial BM. Dengan cara memposting foto-foto wanita yang disertakan dengan deskripsi yang memiliki muatan kesusilaan.
“Untuk muncikarinya mendapat bayaran 10%,” jelasnya.
Akibat perbuatannya, RJ, AH dan MR disangkakan Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat (1) UU  RI nomor 19 tahun 2016, tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 12 UU RI nomor 21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang.
“Ancaman hukumannya maksimal 6 tahun sampai dengan 15 tahun penjara,” pungkas Kabid Humas.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ramai Isu Penculikan Anak, Disdik Kota Bandung Pastikan Beri Perhatian Khusus

BERITABANDUNG.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada terkait maraknya isu penculikan anak. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung,...

Kalahkan PSIS, Persib Kembali Kejalur Juara Liga 1

BERITABANDUNG.id - Persib Bandung melanjutkan rekor tak terkalahkan di 13 pertandingan Liga 1 2022/2023. Anak-anak asuhan Luis Milla sukses menaklukkan tuan rumah PSIS Semarang...

Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika, Wadah Inspiratif bagi Kaum Muda

BERITABANDUNG.id - Museum Konferensi Asia-Afrika atau yang bisa disebut dengan Museum KAA, merupakan gedung saksi peristiwa sejarah yaitu Konferensi Asia-Afrika yang berlangsung pada tanggal...

Keren! Kota Bandung Terbaik Soal Indeks Literasi Ekonomi Digital

BERITABANDUNG.id - Jika bicara tentang digitalisasi, warga Bandung patut bangga. Berdasarkan studi Indonesia Digital Economy Literacy Index (Indelix) 2022, Kota Bandung menjadi daerah dengan...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!