Saturday, May 15, 2021
Home Pendidikan Sosok Maya Nabila, Mahasiswi S3 ITB Termuda

Sosok Maya Nabila, Mahasiswi S3 ITB Termuda

BERITABANDUNG.id – ITB (Institut Teknologi Bandung) dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik Indonesia. Karena itu, tentu tidak mudah untuk bisa masuk ke perguruan tinggi tersebut.

Namun beberapa waktu lalu, seorang mahasiswa bernama Maya Nabila berhasil diterima di program doktoral atau Stata tiga (S3), meski usianya baru 21 tahun.

Perempuan kelahiran Padang, 9 Mei 1999 tersebut Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada tahun akademik 2021/2022.

Ia dikenal sebagai sosok yang cerdas, bahkan sudah mulai masuk SD di usia 5 tahun. Maya juga cuma butuh waktu 2 tahun untuk menyelesaikan jenjang SMA. Gelar sarjana juga berhasil ia raih dalam waktu kurang dari empat tahun.

Ketika ditanya kenapa ingin mengejar gelar S3, Maya pun menyebut adanya faktor keluarga.

“Mungkin juga ada faktor lingkungan keluarga, soalnya papa juga kuliah sampai S3,” kata Maya sebagaimana dikutip dari laman resmi ITB.

Selain dari sisi pendidikan formal, Maya juga sempat menyoal tentang pentingnya karakter.

“Membangun karakter dan pola pikir itu penting dalam hidup, mungkin ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari pendidikan nonformal, tetapi untuk hal tertentu seperti sosialisasi, sopan santun, perkembangan ilmu, dan teknologi bisa dibantu dengan menempuh pendidikan formal,” pesan Maya.

Calon doktor tersebut menjelaskan bahwa ia ingin menjadi dosen. Ia juga bercita-cita untuk mendirikan sekolah buat masyarakat yang kurang mampu.

“Aku punya cita-cita ingin jadi dosen, aku ingin mengajar dan membagikan ilmu yang aku dapatkan selama kuliah di ITB ini. Aku juga berharap di instansi manapun nanti aku berada, aku bisa memberi pengaruh positif di sana,” lanjut Maya.

Ketika ditanya mengenai perasaan menjadi mahasiswa termuda S3, ia menjawab, “perasaannya, yah senang sih ya, tetapi ini belum jadi apa-apa ‘kan, baru menjadi mahasiswa termuda saat ini, aku belum punya kontribusi apapun untuk kampus ataupun negara,” tuturnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

TPU Khusus Covid-19 di Cikadut Bandung Dipadati Peziarah

BERITABANDUNG.id - Pemakaman khusus jenazah terpapar Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung dipadati ratusan peziarah dari berbagai wilayah pada Hari Raya...

Wakil Wali Kota Pastikan Tak Ada Kebocoran di Posko Penyekatan Larangan Mudik

BERITABANDUNG.id - Wakil  Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku telah memastikan posko penyekatan larangan mudik di Kota Bandung tidak terjadi kebocoran seperti di daerah...

Cegah Mudik Lokal, Polda Jabar Fokus Penyekatan di Batas Kota

BERITABANDUNG.id - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menyatakan, mulai memfokuskan penyekatan arus lalu lintas di setiap batas kabupaten dan kota untuk mencegah mudik...

Ridwan Kamil Harap Kepala Daerah se-Jabar Siaga Penyekatan Hingga Arus Balik

BERITABANDUNG.id - Perayaan hari raya Idulfitri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi COVID-19. Merayakan hari kemenangan di rumah masing-masing menjadi...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!