Saturday, May 15, 2021
Home Wisata TikTok Digugat Rp 13 Miliar Karena Dugaan Pelanggaran Hak Cipta Lagu

TikTok Digugat Rp 13 Miliar Karena Dugaan Pelanggaran Hak Cipta Lagu

BERITABANDUNG.id – TikTok digugat karena dugaan pelanggaran hak cipta oleh PT Digital Rantai Maya.

Gugatan itu didaftarkan pada 13 Januari 2021 dan terdaftar dengan nomor perkara nomor perkara 4/Pdt.Sus-HKI/Cipta/2021/PN Niaga Jkt.Pst. Sidang perdana akan digelar pada 22 April 2021.

Dalam gugatan tersebut, penggugat meminta total ganti rugi sebesar Rp 13,1 miliar.

Gugatan tersebut ditujukan agar majelis menyatakan penggugat sebagai pemegang hak cipta yang sah secara hukum atas karya cipta lagu-lagu dalam master sound/ master rekaman.

Sementara itu, TikTok dan ByteDance bukanlah pemilik hak cipta yang sah, dan melanggar hukum karena telah melakukan penggandaan, pengedaran, dan penyebaran lagu-lagu pada master sound/ master rekaman milik penggugat tanpa izin.

Selain menuntut ganti rugi sebesar Rp 3,1 miliar, PT Digital Rantai Maya juga meminta penggantian kerugian secara immateriil sebesar Rp 10 miliar karena merasa mengalami kerusakan yang diakibatkan dari tekanan dan desakan sehingga menyebabkan terganggunya kegiatan bisnis di masa yang akan datang.

Majelis juga diminta menghukum TikTok dan ByteDance untuk membayar uang paksa (dwangsom) atas keterlambatan pembayaran ganti rugi sebesar Rp10 juta setiap hari keterlambatan pembayaran.

Menanggapi hal ini, TikTok Indonesia pun masih tutup mulut.

Yes, sejauh ini belum ada statement dulu dari TikTok, nanti akan kami kabari lagi,” ucap perwakilan TikTok Indonesia, dilansir dari CNNIndonesia.com, Jum’at(22/1).

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa akan memberikan informasi terkait gugatan tersebut sesegera mungkin. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

TPU Khusus Covid-19 di Cikadut Bandung Dipadati Peziarah

BERITABANDUNG.id - Pemakaman khusus jenazah terpapar Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung dipadati ratusan peziarah dari berbagai wilayah pada Hari Raya...

Wakil Wali Kota Pastikan Tak Ada Kebocoran di Posko Penyekatan Larangan Mudik

BERITABANDUNG.id - Wakil  Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku telah memastikan posko penyekatan larangan mudik di Kota Bandung tidak terjadi kebocoran seperti di daerah...

Cegah Mudik Lokal, Polda Jabar Fokus Penyekatan di Batas Kota

BERITABANDUNG.id - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menyatakan, mulai memfokuskan penyekatan arus lalu lintas di setiap batas kabupaten dan kota untuk mencegah mudik...

Ridwan Kamil Harap Kepala Daerah se-Jabar Siaga Penyekatan Hingga Arus Balik

BERITABANDUNG.id - Perayaan hari raya Idulfitri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi COVID-19. Merayakan hari kemenangan di rumah masing-masing menjadi...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!