Sunday, April 18, 2021
Home Pendidikan Upaya Pulihkan Ekonomi, Alumni Universitas di Jabar Gelar JaFest 2021

Upaya Pulihkan Ekonomi, Alumni Universitas di Jabar Gelar JaFest 2021

BERITABANDUNG.id – Ikatan Alumni dari berbagai universitas yang berada di Jawa Barat berkolaborasi menggelar Jabar Culture and Tourism Festival (JaFest) 2021. JaFest dihelat sebagai salah satu langkah strategis melestarikan budaya dan memulihkan ekonomi yang terpuruk akibat COVID-19.

Diinisiasi oleh IKA UNPAD, IA-ITB, ILUNI UNI dan HA IPB, JaFest akan mengakomodir para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM serta pariwisata dengan melibatkan unsur budaya. Acara ini akan digelar pada 20 – 24 Maret 2021 dengan sarana virtual dari berbagai daerah di Jabar.

“JaFest akan mengusung beberapa daerah dengan potensi budaya, ekonomi kreatif dan pariwisata seperti Bandung Raya, Bogor Raya, Garut, Cirebon dan Depok,” ucap Ketua Umum IKA UNPAD, Irawati Hermawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (7/3).

Rencananya, event ini digelar dari berbagai wilayah di Jabar seperti Garut, Bandung dan Cirebon. Tiap tempat akan memiliki tema dan rangkaian acara yang berbeda.

Garut akan mengusung acara peninjauan desa wisata di beberapa wilayah di Garut, sementara Cirebon akan mengusung kegiatan dialog peradaban yang akan dilakukan di Kereta Wisata dari Bandung ke Cirebon, yang juga akan disiarkan secara luas melalui platform digital.

Untuk merangsang pertumbuhan ekonomi kreatif dan UMKM, expo virtual akan diramaikan oleh 500 pelaku ekonomi kreatif, start up dan UMKM.

“Kami sudah mengkurasi sekitar 500 pelaku ekonomi kreatif, UMKM, start up. Nantinya yang akan kita tampilkan secara digital dalam digital platform. Kami berharap ada transaksi ekonomi Rp 5-10 miliar sepanjang acara berlangsung,” kata ucapnya.

Irawati mengatakan, event ini berasal dari kegundahan para alumni karena dampakpandemiCOVID-19 ini masih berlarut-larut ke berbagai sektor perekonomian. “Padahal kita harus terus bergerak, kita harus terus memikirkan untuk memulihkan ekonomi,”ucapnya.

Ulinpiade Perepet Jengkol Challenge Upaya Pelestarian Budaya

Salah satu helatan yang menarik dari JaFest, adalah Ulinpiade, di sini para peserta akan berlomba membuat video TikTok sambil bermain Perepet Jengkol Challenge bersama keluarga.

“Kami mengajak masyarakat, terutama klaster keluarga mengunduh permainan perepet jengkol, untuk diupload ke TikTok. Target ada 1.500 video terkumpul sepanjang penyelenggaraan JaFest. Dan kalau terealisasi akan tercatat dalam Muri (Museum Rekor Indonesia),” kata Ira.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang memberikan sambutan secara virtual menyambut baik kolaborasi dalam penyelenggaraan JaFest 2021. Menurutnya, hal ini sesuai dengan visi misi Jabar juara lahir batin.

“Melalui inovasi dan kolaborasi, dan mudah-mudahan pariwisata dan budaya sebagai keunggulan identitas jabar akan terus kita dukung, dan pariwisata menjadi ekonomi terdepan dalam pemulihan ekonomi pasca COVID-19,” kata Ridwan Kamil,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Pemkot Bandung Targetkan Lelang Stadion GBLA Rampung 2021

BERITABANDUNG.id - Pemenang lelang atas Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ditargetkan rampung 2021. Proses saat ini adalah menuntaskan urusan administrasi terkait surat layak...

Soal Wacana Poros Partai Islam, PKS Jabar: Itu Langkah Positif

BERITABANDUNG.id - Ketua DPW PKS Jawa Barat, Haru Suandharu menilai wacana poros partai Islam merupakan langkah positif. Menurutnya hal tersebut bukan sebuah masalah. Sebelumnya, PKS...

Kerumunan Antrean di Pembagian Bansos di Cinunuk Bandung

BERITABANDUNG.id - Warga Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung terlihat berkerumun saat hendak mengambil Bantuan Sosial (Bansos) tunai dari program PT Pos Indonesia. Kerumunan antrean...

Ridwan Kamil Jalani Tes Usap PCR Usai Istri Terkonfirmasi Positif Covid-19

BERITABANDUNG.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjalani tes usap dengan metode reaksi berantai polimerase atau PCR usai Atalia Praratya Ridwan Kamil terkonfirmasi...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!