Wednesday, February 1, 2023
Ads
Home Metro Bandung Kota Bandung Siap Berkolaborasi dengan IPKN Untuk Pertahankan WTP

Kota Bandung Siap Berkolaborasi dengan IPKN Untuk Pertahankan WTP

BERITABANDUNG.id – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyambut baik hadirnya Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN). Ia berharap, organisasi profesi ini mampu meningkatkan standarisasi sekaligus memberikan jaminan terhadap hasil pemeriksaan.

Wali kota mengatakan, siap berkolaborasi dengan IPKN demi menjaga akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Kota Bandung. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang sudah berhasil dicapai secara beruntun dalam dua tahun terakhir ini.

“Saya atas nama pemerintah daerah sangat mendukung hadirnya IPKN ini. Karena dengan adanya IPKN ini akan hadir pengawas-pengawas profesional,” katanya di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Jalan Moh. Toha, Rabu (16 September 2020).

Institut ini hadir sebagai organisasi profesi yang menghimpun para pemeriksa keuangan negara dalam rangka menjaga akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Setelah memiliki pengurus di tingkat nasional pada Februari lalu, kini dilantik kepengurusan IPKN tingkat Jawa Barat periode 2020-2023.

Wali kota menilai, keberadaan IPKN tidak hanya sebatas wadah profesi saja. Namun, bisa dioptimalkan untuk menopang pembangunan oleh pemerintah agar tepat sasaran.

“Mereka dibutuhkan dalam fungsi pengawasan pembangunan baik di daerah maupun di pusat,” tuturnya.

Ia berharap, secara teknis IPKN akan membantu Pemkot Bandung dan berkolaborasi dengan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP). Praktis, hasil pemeriksaan akan lebih berkualitas dalam rangka menjaga akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Adanya IPKN ini harus kita manfaatkan agar punya pengawas profesional, khususnya di kalangan APIP di Inspektorat Kota Bandung,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ramai Isu Penculikan Anak, Disdik Kota Bandung Pastikan Beri Perhatian Khusus

BERITABANDUNG.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada terkait maraknya isu penculikan anak. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung,...

Kalahkan PSIS, Persib Kembali Kejalur Juara Liga 1

BERITABANDUNG.id - Persib Bandung melanjutkan rekor tak terkalahkan di 13 pertandingan Liga 1 2022/2023. Anak-anak asuhan Luis Milla sukses menaklukkan tuan rumah PSIS Semarang...

Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika, Wadah Inspiratif bagi Kaum Muda

BERITABANDUNG.id - Museum Konferensi Asia-Afrika atau yang bisa disebut dengan Museum KAA, merupakan gedung saksi peristiwa sejarah yaitu Konferensi Asia-Afrika yang berlangsung pada tanggal...

Keren! Kota Bandung Terbaik Soal Indeks Literasi Ekonomi Digital

BERITABANDUNG.id - Jika bicara tentang digitalisasi, warga Bandung patut bangga. Berdasarkan studi Indonesia Digital Economy Literacy Index (Indelix) 2022, Kota Bandung menjadi daerah dengan...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!