Saturday, November 27, 2021
Ads
Home Metro Bandung Kota Bandung Siap Berkolaborasi dengan IPKN Untuk Pertahankan WTP

Kota Bandung Siap Berkolaborasi dengan IPKN Untuk Pertahankan WTP

BERITABANDUNG.id – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyambut baik hadirnya Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN). Ia berharap, organisasi profesi ini mampu meningkatkan standarisasi sekaligus memberikan jaminan terhadap hasil pemeriksaan.

Wali kota mengatakan, siap berkolaborasi dengan IPKN demi menjaga akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Kota Bandung. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang sudah berhasil dicapai secara beruntun dalam dua tahun terakhir ini.

“Saya atas nama pemerintah daerah sangat mendukung hadirnya IPKN ini. Karena dengan adanya IPKN ini akan hadir pengawas-pengawas profesional,” katanya di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Jalan Moh. Toha, Rabu (16 September 2020).

Institut ini hadir sebagai organisasi profesi yang menghimpun para pemeriksa keuangan negara dalam rangka menjaga akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Setelah memiliki pengurus di tingkat nasional pada Februari lalu, kini dilantik kepengurusan IPKN tingkat Jawa Barat periode 2020-2023.

Wali kota menilai, keberadaan IPKN tidak hanya sebatas wadah profesi saja. Namun, bisa dioptimalkan untuk menopang pembangunan oleh pemerintah agar tepat sasaran.

“Mereka dibutuhkan dalam fungsi pengawasan pembangunan baik di daerah maupun di pusat,” tuturnya.

Ia berharap, secara teknis IPKN akan membantu Pemkot Bandung dan berkolaborasi dengan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP). Praktis, hasil pemeriksaan akan lebih berkualitas dalam rangka menjaga akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Adanya IPKN ini harus kita manfaatkan agar punya pengawas profesional, khususnya di kalangan APIP di Inspektorat Kota Bandung,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Flyover Simpang Padalarang Dibuka Mulai Sabtu

BERITABANDUNG.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan flyover Simpang Padalarang. Rencananya Flyover Padalarang – Kota Baru Parahyangan tersebut akan mulai beroperasi,...

Pemkot Bandung Berikan 9 Anugerah Pesona Pariwisata 2021

BERITABANDUNG.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku usaha pada malam Anugerah Pesona Pariwisata Tahun 2021 di Grand...

Bupati Bandung Instruksikan Pemerintah Desa Awasi PPKM saat Libur Natal dan Tahun Baru

BERITABANDUNG.id - Bupati Bandung Dadang Supriatna menginstruksikan pemerintah desa untuk mengawasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada akhir tahun untuk menekan risiko penularan Covid-19...

Pesta Kembang Api dan Arak-arakan Dilarang saat Libur Natal dan Tahun Baru di Kota Bandung

BERITABANDUNG.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan siap mengikuti arahan pemerintah pusat terkait pengetatan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Termasuk jika harus...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!