Thursday, October 29, 2020
Home Metro Bandung Kota Bandung Siap Berkolaborasi dengan IPKN Untuk Pertahankan WTP

Kota Bandung Siap Berkolaborasi dengan IPKN Untuk Pertahankan WTP

BERITABANDUNG.id – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyambut baik hadirnya Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN). Ia berharap, organisasi profesi ini mampu meningkatkan standarisasi sekaligus memberikan jaminan terhadap hasil pemeriksaan.

Wali kota mengatakan, siap berkolaborasi dengan IPKN demi menjaga akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Kota Bandung. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang sudah berhasil dicapai secara beruntun dalam dua tahun terakhir ini.

“Saya atas nama pemerintah daerah sangat mendukung hadirnya IPKN ini. Karena dengan adanya IPKN ini akan hadir pengawas-pengawas profesional,” katanya di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Jalan Moh. Toha, Rabu (16 September 2020).

Institut ini hadir sebagai organisasi profesi yang menghimpun para pemeriksa keuangan negara dalam rangka menjaga akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Setelah memiliki pengurus di tingkat nasional pada Februari lalu, kini dilantik kepengurusan IPKN tingkat Jawa Barat periode 2020-2023.

Wali kota menilai, keberadaan IPKN tidak hanya sebatas wadah profesi saja. Namun, bisa dioptimalkan untuk menopang pembangunan oleh pemerintah agar tepat sasaran.

“Mereka dibutuhkan dalam fungsi pengawasan pembangunan baik di daerah maupun di pusat,” tuturnya.

Ia berharap, secara teknis IPKN akan membantu Pemkot Bandung dan berkolaborasi dengan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP). Praktis, hasil pemeriksaan akan lebih berkualitas dalam rangka menjaga akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Adanya IPKN ini harus kita manfaatkan agar punya pengawas profesional, khususnya di kalangan APIP di Inspektorat Kota Bandung,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

#BeritaBandung : Menjelang Libur Panjang, Mobil Parkir Liar Bakal Diderek

BERITABANDUNG.id - Polisi lalu lintas menyiagakan personel guna mengamankan libur cuti bersama pada akhir Oktober ini. Personel disebar guna menyisir parkir-parkir liar di...

#BeritaNasional : Dibalik Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

BERITABANDUNG.id - Peristiwa Sumpah Pemuda akan kembali diperingati Bangsa Indonesia pada Rabu (28/10/2020). Bangsa Indonesia kembali mendapat kesempatan merenungi dan mengambil nilai dari...

#BeritaCimahi : Walikota Cimahi Takziyah ke Rumah Pelajar Korban Banjir Cihanjuang

Walikota Cimahi Ajay M Priatna kunjungi rumah pelajar korban banjir Cihanjuang beberapa waktu lalu. “Hari ini, saya melayat ke rumah duka Almarhumah Alycia Nur Azzahra,”...

#BeritaJabar : Upaya cegah penyebaran Covid-19, Kapolres Subang Polda Jabar pantau terus program 3M

BERITABANDUNG.id - Dalam rangka pendisiplinan masyarakat Kab. Subang dan Personel Polres Subang yang melaksanakan piket dan pelayanan di Polres Subang, Sie Propam Polres...

Recent Comments

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!