BERITABANDUNG.id – Ribuan masyarakat yang tergabung di berbagai organisasi keagamaan Jawa Barat melakukan aksi solidaritas bela Palestina di sepanjang Jalan Diponegoro, Kota Bandung, tepatnya depan Gedung Sate, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (22/5).

Berdasarkan pantauan di lokasi, sekitar pukul 09.30 Wib, massa aksi mulai bergerak dari depan Gedung Sate menuju Jalan Merdeka dan dilanjutkan ke Jalan Asia Afrika tepatnya di Gedung Merdeka. Saking banyaknya massa aksi, di Jalan Diponegoro masih dipadati ratusan massa aksi.

Mayoritas massa aksi menggunakan pakaian serba hitam dengan atribut bendera Palestina. Selain itu, puluhan bendera Palestina dikibarkan oleh para peserta massa aksi. Aksi solidaritas dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Sejumlah massa aksi mayoritas menggunakan masker ditengah kondisi pandemi Covid-19. Namun, jumlah massa yang banyak menyebabkan protokol kesehatan seperti jaga jarak cenderung diabaikan.

Salah seorang peserta aksi dari Komunitas Anti Riba Banjaran, Bandung Selatan, Bambang Irianto mengatakan aksi solidaritas dilakukan untuk membantu rakyat Palestina yang dijajah Israel. Ia berharap Palestina merdeka.

“(Aksi ini) untuk membantu rakyat Palestina sesama muslim. Ya, kondisi memprihatinkan. Ini penjajahan, penindasan terutama korban anak anak dan perempuan,” ujarnya saat ditemui disela-sela aksi, Sabtu (22/5).

Ia mengatakan upaya negara-negara untuk membebaskan Palestina dari penjajahan terlihat kurang besar termasuk Indonesia. Padahal, Indonesia merupakan salah satu negara yang dibantu Palestina untuk merdeka.

“Harapannya rakyat Palestina merdeka,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here